Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda dari Jokowi, Mobil Presiden Prabowo Warna Putih

Kompas.com - 26/10/2024, 12:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil presiden yang digunakan oleh Joko Widodo (Jokowi) pada akhir kepemimpinannya adalah Mercedes-Benz S680 Guard. Mobil tersebut digunakan juga oleh Presiden RI Prabowo Subianto, tapi dengan sedikit perbedaan.

Perbedaannya ada pada bagian eksteriornya. S680 Guard yang digunakan oleh Prabowo tidak lagi berwarna hitam seperti yang digunakan Jokowi, tapi bodinya berubah menjadi putih.

Baca juga: Mobil Dinas Terakhir yang Dipakai Joko Widodo Saat Jadi Presiden RI

Namun, mobil presiden yang digunakan oleh Prabowo sebenarnya sama dengan yang digunakan oleh Jokowi. Informasi tersebut sudah dikonfirmasi oleh Mercedes-Benz Indonesia.

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin melintas jalan Semanggi menuju kompleks DPR/MPR RIKOMPAS.com/Carolus Dori Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin melintas jalan Semanggi menuju kompleks DPR/MPR RI

"S680 di atas sama dengan yang dipakai Pak Jokowi kemarin, hanya beda warnanya saja," ujar Kariyanto Hardjosoemarto, Sales and Marketing Director PT Inchcape Indomobil Distribution Indonesia, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (26/10/2024).

Perubahan warna tersebut, menurut Kariyanto, hanya wrapping. Namun, untuk lebih jelasnya, pihak Sekretariat Negara yang bisa memberikan informasi tersebut.

Baca juga: Mobil Presiden Mercedes-Benz S600 Guard dan S680 Guard, Apa Bedanya?

Untuk diketahui, S680 Guard saat ini merupakan mobil sipil dengan tingkat keamanan paling tinggi. Maka dari itu, beberapa kepala negara menggunakannya sebagai mobil kepresidenan.

Interior Mercedes-Benz S680 GuardDok. Cars.co.za Interior Mercedes-Benz S680 Guard

S-Class ini bodinya didesain khusus dan memiliki sertifikasi VPAM VR10. Selain itu, mobil ini disebut-sebut sebagai satu-satunya mobil yang memiliki uji balistik tertinggi untuk jajaran mobil sipil.

Permukaan bagian dalam kaca dilapisi dengan polikarbonat untuk perlindungan dari serpihan. Selain tahan peluru, bodinya juga tahan terhadap ledakan. Sebab, bagian bodi, termasuk lantai, atap, dan bodi samping, sudah memenuhi persyaratan ERV 2010 (Explosive Resistant Vehicle).

Interior Mercedes-Benz S680 GuardDok. Cars.co.za Interior Mercedes-Benz S680 Guard

S680 Guard memiliki sistem pemadam kebakaran onboard. Sehingga, bisa langsung memadamkan kebakaran pada mobil. Kemudian, Mercedes-Benz juga menyematkan sistem udara segar untuk mengantisipasi adanya serangan asap dan gas.

Mobil ini masih bisa melaju seandainya ban mengalami kebocoran, karena sudah mengandalkan ban model run-flat. Namun, hanya bisa melaju sekitar 30 km.

Dengan segala macam keamanan yang disematkan, bobotnya bisa mencapai 4.255 kg. S-Class ini memiliki panjang 5.489 mm, lebar 1.954 mm, dan tinggi 1.508 mm.

Mobil dinas Wakil Presiden RI Mercedes-Benz S680 GuardDok. Sekretariat Wakil Presiden Mobil dinas Wakil Presiden RI Mercedes-Benz S680 Guard

Pada bagian mesin, Mecedes-Benz mengandalkan mesin V12 dengan kapasitas 6.000 cc twin-turbo. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga sebesar 612 Tk dan torsi mencapai 830 Nm. Mesin ini digunakan juga oleh Mercedes-Maybach. Kemampuan akselerasi 0-100 kilometer per jam dapat ditempuh dalam 8,3 detik.

Mercedes-Benz S680 Guard juga dijual secara umum. Mobil ini dipasarkan dengan banderol mulai 387.600 poundsterling atau sekitar Rp 7,8 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau