Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Mobil Presiden Jokowi Berhenti di Pinggir Jalan, Diduga Ban Bocor

Kompas.com - 24/01/2024, 12:38 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial yang tayangan video yang memperlihatkan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) sedang berjalan kaki di salah satu ruas jalan.

Video itu diunggah oleh akun Instagram @innovacommunity, Rabu (24/1/2024). Diduga kejadian tersebut terjadi lantaran mobil dinas Mercedes-Benz Jokowi mengalami ban bocor hingga harus dilakukan perbaikan di pinggir jalan.

Sambil menunggu penggantian ban mobil tersebut, Jokowi terlihat berjalan santai sambil melambaikan tangan kepada masyarakat.

Beberapa Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) juga terlihat berjaga di sekitar Jokowi. Namun, belum diketahui kapan dan di mana peristiwa itu terjadi.

Baca juga: Hitung Biaya Servis Motor Sport Retro TVS Ronin

Tim redaksi sudah menghubungi pihak Mercedes-Benz, namun produsen mobil mewah asal Jerman itu mengaku belum mendapat laporan terkait kejadian tersebut, sehingga tidak bisa memberikan komentar lebih lanjut.

“Kami belum mendapatkan informasi lebih lanjut perihal ini sehingga kami belum bisa memberikan komentar mengenai masalah yang terjadi pada kendaraan tersebut,” ucap Kariyanto Hardjosoemarto, Deputy Director Marketing Communication & PR, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (24/1/2024).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Innova Community (IC) - official (@innovacommunity)

Menurutnya, unit yang digunakan Jokowi merupakan Mercedes-Benz S600 Guard (V221) tahun 2008 yang sudah dibekali spesifikasi khusus.

“Mohon maaf karena unit tersebut adalah kendaraan kepresidenan, kami tidak dapat membagikan spesifikasinya,” kata Kariyanto.

Ketika ditanya mengenai penggunaan ban RFT, pihak Mercedes-Benz masih enggan berkomentar. Seperti diketahui, RFT merupakan ban yang tahan dan bisa digunakan meski dalam keadaan kempis ataupun bocor hingga 80 kilometer.

Untuk diketahui, kendaraan untuk para pemimpin negara biasanya sudah dibekali dengan spesifikasi khusus dan tingkat perlindungan keamanan yang sangat tinggi untuk penumpang. Seperti anti peluru, anti ranjau dan lain sebagainya.

Baca juga: Penjualan Suzuki Didominasi Hybrid Sepanjang 2023

Merek Mercedes-Benz sendiri sudah dipercaya sejak zaman kepemimpinan Presiden ke-2 Indonesia yakni Soeharto. Pada awal kepemimpinannya Soeharto menggunakan Mercedes-Benz 500SEL sebagai mobil dinas untuk berkegiatan.

Dikutip dari Kompas.com, sedan mewah asal pabrikan Jerman yang digunakan oleh Jokowi mendapat sertifikat VR10, yakni sertifikasi tingkat perlindungan tertinggi untuk kendaraan non militer.

VR10 sudah di atas tingkat B7. Perlindungannya mencakup daya tahan kaca dari senapan serbu. Kacanya terbuat dari polikarbonat dengan ketebalan tertentu yang dapat meredam hantaman peluru kaliber 7,62 mm.

Tidak hanya tahan serangan peluru, mobil ini juga mengusung sertifikasi ERV 2010 sebagai kendaraan yang tahan ledakan. Mobil ini juga dirancang dengan sasis khusus yang memastikan kuat terhadap ledakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com