Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MG Motor Indonesia Siap Ekspor, Tunggu Lampu Hijau

Kompas.com - 24/10/2024, 15:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MG Motor Indonesia sudah memiliki fasilitas perakitan dengan menggunakan fasilitas SAIC Group di Cikarang. Merek otomotif legendaris asal Inggris ini mengaku siap ekspor, tapi menunggu lampu hijau.

He Guowei, Chief Executive Officer PT MG Motor Indonesia, mengatakan, sejak dirinya mengemban tugas di posisi yang sekarang sekitar tiga bulan lalu, sejak bulan pertama dirinya telah berbicara dengan beberapa pegawai pemerintah mengenai ekspor.

Baca juga: MG Resmikan Diler Baru, Diler MG Paling Lengkap

"Mungkin ini adalah rencana sebelumnya. Pemerintah ingin mendorong lebih banyak ekspor. Saya pikir ini bagus untuk pasar," ujar pria yang akrab disapa Alex tersebut, kepada wartawan, saat ditemui di BSD, belum lama ini.

Ilustrasi pabrik MG Motor di Chonburi, Thailand.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi pabrik MG Motor di Chonburi, Thailand.

"Sekarang, kami sedang berdiskusi dan melaporkan ini ke markas pusat tentang hal ini. Sebab, saat ini, saya tidak memiliki banyak informasi tentang hal ini. Tapi jika mungkin, tentu saja (akan ekspor)," kata Alex.

Alex mengatakan, jika MG Motor Indonesia ingin melakukan ekspor, maka itu akan bergantung juga pada performa MG Motor Indonesia. Menurutnya, langkah tersebut membuat pemerintah setempat puas dan di saat yang bersamaan MG juga bisa melakukan sesuatu untuk Indonesia.

Baca juga: MG Targetkan Minimal Punya 50 Diler di 2024

"Jika pemerintah di sini mengizinkannya dan markas pusat juga mengizinkannya, maka tentu saja kami akan melakukannya," ujarnya.

Ilustrasi pabrik MG yang memproduksi mobil listrikDok. MG Thailand Ilustrasi pabrik MG yang memproduksi mobil listrik

Sebelumnya, pihak MG Motor Indonesia sempat mengumumkan rencana ekspor yang akan dilakukan pada kuartal keempat 2024. Salah satu pasar yang akan dituju adalah Australia, yang juga menggunakan setir kanan.

Saat ini, MG Motor Indonesia sudah merakit secara lokal dua model andalannya, yakni New ZS EV dan MG 4 EV. Kedua mobil listrik tersebut dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, New ZS EV dengan Rp 413 juta (OTR Jakarta) dan MG 4 EV dengan Rp 395 juta (OTR Jakarta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau