Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prabowo dan Gibran Kompak Naik Alphard Putih ke Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden

Kompas.com - 20/10/2024, 09:49 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka kompak menumpangi Toyota Alphard putih ke acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih di kompleks gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Datang dalam waktu berbeda, keduanya juga serasi mengenakan peci hitam dan pakaian serba hitam. Perbedaan hanya pada batik yang membalutnya.

Baca juga: Penjelasan Vinales Usai Insiden Horor di Sprint Race MotoGP Australia

Toyota Alphard Gibran Rakabuming saat datang ke pelantikan Wakil Presiden RIFoto: Rully Toyota Alphard Gibran Rakabuming saat datang ke pelantikan Wakil Presiden RI

Suatu hal menarik lainnya, Alphard yang dipakai Gibran merupakan model terbaru dengan teknologi hibrida. Sementara Prabowo masih memakai generasi terdahulu.

Alphard Hybrid dibanderol dengan harga mencapai Rp 1,7 miliar on the road Jakarta. Kendaraan dibekali mesin jenis A25A-FXS (2.5 HEV) yang bisa mengeluarkan tenaga maksimal hingga 140 kW/190 PS dan torsi puncak mencapai 239 Nm.

Sedangkan Alphard yang dipakai Prabowo ditenagai mesin 6 silinder 3.500 cc dengan transmisi otomatis 8 percepatan. Mobil berharga Rp 1 miliaran ini memiliki tenaga maksimal 296 hp pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 361 Nm pada 4.100 rpm.

Kendati demikian, pelat nomor kendaraan yang digunakan Prabowo sudah diubah dengan beruliskan angka 1.

Gibran sendiri tiba di kompleks gedung DPR/MPR RI, Jakarta, sekira pukul 08.38 WIB. Dia ditemani sang istri, Selvi Ananda yang mengenakan kebaya merah.

Baca juga: Ada Pesta Rakyat Pelantikan Presiden-Wapres di Sudirman-Thamrin

Toyota Alphard Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming saat datang ke pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RIFoto: Rully Toyota Alphard Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming saat datang ke pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI

Adapun Prabowo bersama rombongan tiba pada pukul 09.05 WIB.

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden sendiri dijadwalkan untuk dilaksanakan pada pukul 10:00 WIB, dan pengucapan sumpah presiden akan dilakukan pukul 10:26 WIB.

Sementara pidato pertama presiden usai dilantik akan dilakukan pada pukul 10:46 WIB.

Siang paripurna akan selesai tepat pukul 11:23 WIB dan selanjutnya Presiden dan Wapres terpilih meninggalkan gedung MPR menuju Istana Negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau