Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Vinales Usai Insiden Horor di Sprint Race MotoGP Australia

Kompas.com - 20/10/2024, 09:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Motosan.es

JAKARTA, KOMPAS.com - Maverick Vinales memprediksi terdapat beberapa faktor Marco Bezzecchi bisa menabraknya pada akhir laga sprint race MotoGP Australia 2024, Sabtu (19/10/2024) siang kemarin.

Dikutip Motosan, salah satunya adalah soal kesalahan memprediksi arus motor karena aspek aerodinamika serta karakter dari trek sirkut Phillip Island yang berangin.

"Saya kira di sini, Phillip Island para pebalap di demang memang bisa menghisapmu ke area slipstream karena angin yang sangat kencang dan aerodinamika motor," kata Vinales, Sabtu.

Baca juga: Langkah Mudah Merawat Sistem Kelistrikan Motor

"Tapi aku kaget sekali karena sebenarnya sudah menyisakan ruang lebar untuknya, meski aku sebetulnya bisa saja menutup jalur itu langsung. Yah, sekitar 3,5 meter," lanjut dia.

Sayangnya Bezzecchi sedikit terlambat melakukan pengereman, sehingga membuat laju motornya sulit dikendalikan saat menuju tikungan hingga pada akhirnya terpaksa menyenggol ban belakang Vinales.

Vinales pun mengaku sudah bertemu dengan Bezzecchi secara langsung, dan mengonfirmasi hal tersebut.

"Ia baik saja, kami sudah berbincang, ia bilang itu karena slipstream, dan begitulah. Ia juga baik saja, jadi tak perlu khawatir," lanjutnya.

Meski bersyukur tidak ada cedera berarti, pembalap tim Aprilia ini ingin Stewards memberikan hukuman yang pantas buat murid Valentino Rossi tersebut

Diketahui, usai insiden maut itu Vinales mengalami memar pada bagian lengan tetapi tidak ada tulang yang retak. Ia dinyatakan fit untuk masuk sirkuit pada laga utama Minggu (20/10/2024) besok.

Baca juga: Begini Posisi Tuas Transmisi Mobil agar Bisa Engine Brake di Turunan

Maverick Vinales kala beraksi bersama tim Aprilia Racing pada MotoGP Perancis di Sirkuit Le Mans, 11 Mei 2024 silam. Terkini, Maverick Vinales menjadi yang tercepat dalam sesi practice MotoGP Jerman 2024 di Sirkuit Sachsenring, 5 Juli 2024. (Photo by Lou BENOIST / AFP)AFP/LOU BENOIST Maverick Vinales kala beraksi bersama tim Aprilia Racing pada MotoGP Perancis di Sirkuit Le Mans, 11 Mei 2024 silam. Terkini, Maverick Vinales menjadi yang tercepat dalam sesi practice MotoGP Jerman 2024 di Sirkuit Sachsenring, 5 Juli 2024. (Photo by Lou BENOIST / AFP)

Sementara Bezzecchi yang tampaknya mengalami luka lebih parah langsung dibawa ke rumah sakit di Melbourne untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Kurasa Bezzecchi mencoba melewatiku dari sisi dalam ketika aku sudah menyalipnya. Kenapa tidak menunggu dan melewatiku di tikungan berikutnya jika kau pikir lebih kencang dariku," kata dia.

"Aku tak tahu, luar biasa. Apa yang dilakukannya? Ia kira treknya masih lurus lagi atau mungkin ia tak melihat titik pengeremannya, aku tak memahaminya," tambah Vinales.

"Aku sudah ke Stewards Panel dan menjelaskan situasinya, kupikir mereka memahaminya dengan baik. Kuharap mereka memberikan penalti yang setimpal," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau