Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepeda Motor Nekat Terobos Banjir, Ini Risikonya

Kompas.com - 15/10/2024, 10:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Banjir yang melanda beberapa wilayah saat musim hujan, seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi pengendara sepeda motor.

Namun, tidak sedikit dari mereka yang nekat menerobos banjir untuk melanjutkan perjalanan, meskipun risiko kerusakan pada kendaraan sangat besar.

Andre, Pemilik Workshop Dhinata Jaya Garage mengatakan, dampak buruk sepeda motor yang nekat terobos banjir adalah terkena water hammer.

“Kalau dampak buruknya itu mesin motor bisa terkena water hammer kalau dipaksa buat nerobos banjir,” kata Andre kepada Kompas.com, Senin (14/10/2024).

Baca juga: Solusi Mengatasi Getaran Berlebih pada Motor Matik

Kondisi Jalan Raya Kalimalang arah Jakarta macet total imbas banjir yang terjadi di bawah kolong Tol Pondok Kelapa akibat hujan deras yang melanda Kota Bekasi sejak Sabtu (6/7/2024) pagi.KOMPAS.com/FIRDA JANATI Kondisi Jalan Raya Kalimalang arah Jakarta macet total imbas banjir yang terjadi di bawah kolong Tol Pondok Kelapa akibat hujan deras yang melanda Kota Bekasi sejak Sabtu (6/7/2024) pagi.

Sebagai informasi, water hammer merupakan kondisi ketika air masuk ke ruang bakar mesin dalam jumlah yang banyak sehingga dapat merusak bagian dalam mesin, seperti piston hingga setangnya pecah atau bengkok.

“Akibatnya mesin motor bisa matik, dan lebih parahnya piston bisa pecah atau setang piston juga bisa bengkok,” kata Andre.

Andre melanjutkan, jika sepeda motor sudah terkena water hammer maka solusinya overhaul agar proses pembongkaran mesin yang mengalami permasalahan dapat dilakukan pemeriksaan secara lebih teliti.

Baca juga: Mau Remap ECU Motor, Hati-hati Ada yang Palsu


“Kalo misal udah kena water hammer sebaiknya di overhaul atau bongkar mesin, supaya bisa dicek satu-persatu part-nya,” kata Andre.

Andre juga mengatakan, motor yang terobos banjir terlalu sering juga bisa membuat sistem pengereman bermasalah.

“Bisa bikin rem tidak pakem, dan juga bisa bikin rem tromol macet. Tapi tidak langsung, butuh waktu yang lama, dan ada kemungkinan rem ngunci karena as tuas rem karatan akibat ternedam air saat menerobos banjir,” kata Andre.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau