Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Akui bZ4X Akan Jadi Kendaraan Tamu di Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Baru

Kompas.com - 14/10/2024, 19:31 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali menurunkan puluhan unit mobil listrik bZ4X untuk menjadi tunggangan tamu negara dalam pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029.

Kendaraan ramah lingkungan yang sudah beberapa kali dipercaya membawa tamu penting seperti dalam acara KTT G20 Bali sampai Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 RI di IKN lalu itu sudah diserahkan ke Sekretariat Negara (Setneg).

"Beberapa waktu lalu kami dihubungi pihak Setneg terkait dukungan penyediaan atas kendaraan listrik berbasis baterai untuk keperluan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024-2029," ungkap Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy dihubungi Kompas.com, Senin (14/10/2024).

Baca juga: Spesifikasi Toyota bZ4X yang Dijadikan Kendaraan Tamu Negara di Acara Pelantikan

Toyota bZ4X Jadi Kendaraan Tamu Negara dalam Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden BaruKOMPAS.com/Carollus Dori Toyota bZ4X Jadi Kendaraan Tamu Negara dalam Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Baru

"Oleh karena itu kami mendukung acara tersebut melalui penyediaan solusi mobilitas nol emisi dengan 68 unit Toyota bZ4X BEV," lanjut dia.

Hanya saja dirinya tidak bisa memastikan bZ4X yang diserahkan ke pemerintah akan digunakan sebagai moda transportasi siapa.

"Untuk penggunaannya secara spesifik kami menyerahkan kepada Sekretariat Negara sebagai koordinator kendaraan yang digunakan untuk acara tersebut," kata Anton.

Sebelumnya dilaporkan terdapat puluhan kendaraan berkelir hitam terparkir di area Parkir Timur Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Selatan. Kendaraan terkait meliputi Mercedes-Benz S450, Hyundai Ioniq 5, sampai bZ4X.

Bz4X merupakan mobil listrik pertama yang dipasarkan Toyota di Indonesia sebagai komitmen mereka dalam mendukung netralitas karbon. Tapi, bZ4X masih berstatus CBU alias diimpor utuh dari Jepang.

Baca juga: Toyota Siapkan 68 Unit bZ4x Untuk Pelantikan Presiden dan Wapres

Puluhan Toyota bZ4x terparkir di area Parkir Timur Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Selatan, pada Senin (14/10/2024).istimewa Puluhan Toyota bZ4x terparkir di area Parkir Timur Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Selatan, pada Senin (14/10/2024).

Mobil listrik ini dibekali motor AC synchronous electric generator, yang membuat bZ4X bisa menghasilkan output maksimum 150 kW dan torsi maksimum 266,3 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 8,3 detik.

Baterainya menggunakan Lithium-ion 355 Volt dengan kapasitas 71,4 kWh. Tersemat juga teknologi Regenerative Braking with Boost Mode memberikan kontrol performa yang responsif.

Kendaraan ditawarkan dalam dua varian, yakni One Tone Color yang dibanderol Rp 1.190.000.000, dan Two Tone Color Rp 1.198.000.000. Harga tersebut berstatus on the road (OTR) Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau