Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operasi Zebra Candi 2024, Warga Klaten Wajib Tertib Berlalu Lintas

Kompas.com - 14/10/2024, 16:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Korlantas Polri menggelar Operasi Zebra 2024 mulai hari ini, Senin (14/10/2024) selama 2 pekan, sampai Minggu (27/10/2024).

Operasi Zebra memiliki visi meningkatkan kedisiplinan berlalu lintas dan mengurangi angka kecelakaan. Maka dari itu perlu menjadi perhatian dan dukungan semua lapisan masyarakat, khususnya pengguna jalan.

Kasatlantas Polres Klaten, AKP Riki Fahmi Mubarok mengatakan dalam Operasi Zebra Candi 2024 ini sudah ada temanya, yakni “Mendukung Suksesnya Pelantikan Presiden/Wakil Presiden Terpilih Serta Mengajak Masyarakat Untuk Tertib Berlalu Lintas Demi Terwujudnya Kamseltibcarlantas Yang Aman dan Nyaman”.

 Baca juga: Hindari Operasi Zebra Lodaya, Pengendara Motor Nyaris Tabrak Polisi di Bogor


“Kami melakukan operasi kepolisian, preemtif dan preventif, maupun represif-nya, ada semua dalamnya, baik imbauan atau edukasi kepada masyarakat agar tertib berlalu lintas, sampai penegakkan hukum,” ucap Riki kepada Kompas.com, Senin (14/10/2024).

Sebagai informasi, preemtif adalah upaya yang dilakukan pada tingkat proses pengambilan keputusan dan perencanaan, sedangkan upaya preventif adalah upaya yang dilakukan pada tingkat pelaksanaan melalui penataan baku atau pencegahan. Kedua upaya tersebut saling melengkapi dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain.

 Baca juga: Operasi Zebra Progo 2024 Sasar 14 Jenis Pelanggaran, Ini Daftarnya

Satlantas Polresta Bogor Kota melaksanakan Operasi Zebra Lodaya, di Simpang Tugu Kujang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Senin (14/10/2024)Kompas.com/ Ruby Rachmadina Satlantas Polresta Bogor Kota melaksanakan Operasi Zebra Lodaya, di Simpang Tugu Kujang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Senin (14/10/2024)

Target penurunan angka kecelakaan, menurut Riki juga menjadi sasaran Polres Klaten dalam Operasi Zebra Candi tahun ini.

“Terbukti hasilnya ada penurunan baik angka kecelakaan dan tingkat fatalitasnya jika dibandingkan dengan tahun lalu,” ucap Riki.

Riki mengatakan, untuk penegakan hukum, Polres Klaten tidak mengadakan razia gabungan melainkan mengandalkan tilang elektronik dan kasat mata oleh petugas di lapangan.

 Baca juga: Daftar Pelanggaran yang Jadi Sasaran Operasi Zebra Candi 2024

Maka dari itu, pengendara diimbau agar senantiasa tertib berlalu lintas seperti melengkapi kelengkapan kendaraan, tidak melanggar rambu lalu lintas atau marka jalan, mengenakan helm SNI dan sabuk keselamatan untuk pengendara kendaraan roda empat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau