Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerja Sama Motor Listrik Honda dan Yamaha Tidak Berlaku di Indonesia

Kompas.com - 14/10/2024, 14:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Honda Motor Co., Ltd dan Yamaha Motor Co., Ltd telah menandatangani kesepakatan strategis di mana Honda akan menyuplai model motor listrik kepada Yamaha.

Model yang disuplai meliputi EM1 e: dan Benly e:, keduanya berada dalam kategori Class 1 dengan tenaga di bawah 0,6 kW (sekitar 0,8 TK), setara dengan mesin motor di bawah 50 cc.

Menanggapi kerja sama yang dilakukan oleh prinsipal, Presiden Direktur dan CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Dyonisius Beti mengatakan, kerja sama itu tidak berlaku di Indonesia.

Baca juga: Kekuatan Netizen, Komunitas Kantri Akhirnya Minta Maaf

Motor listrik Yamaha Neos di IIMS 2023Dok. YIMM Motor listrik Yamaha Neos di IIMS 2023

“Itu kerja sama di Jepang saja. (Di Indonesia) belum, enggak ada rencana,” ujar Dyon di Jakarta (11/10/2024).

Artinya, motor listrik Honda EM1 e: ataupun ICON e: yang baru diluncurkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) tidak akan dijual dengan merek Yamaha di Indonesia.

“Bukan itu rencananya. Itu untuk pasar domestik Jepang saja sekarang,” ucap Takaaki Hirama, Deputy Director Marketing PT YIMM.

Baca juga: Puluhan Mercy S-Class Berjejer di Area Parkir GBK, untuk Menteri?

“Di Jepang itu skuter 50 cc, Yamaha-Honda kolaborasi, sudah kolaborasi sejak kapan saya lupa. EV juga begitu, di pasar domestik Jepang,” katanya.

Seperti diketahui, kolaborasi ini menyusul diskusi yang telah dimulai pada 2016, lalu dilanjutkan pada 2019.

Di mana Honda, Yamaha, Kawasaki, dan Suzuki membentuk konsorsium untuk standarisasi baterai motor listrik yang dapat ditukar.

Baca juga: Rossi Akui Perselisihannya dengan Biaggi Adalah Salahnya

Motor listrik Honda EM1 e: dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). Motor listrik ini telah mengusung Honda Mobile Power Pack e:, yaitu teknologi baterai terbaru yang dapat ditukar dengan mudah, dan bisa melakukan pengisian daya di rumah.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Motor listrik Honda EM1 e: dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). Motor listrik ini telah mengusung Honda Mobile Power Pack e:, yaitu teknologi baterai terbaru yang dapat ditukar dengan mudah, dan bisa melakukan pengisian daya di rumah.

Kesepakatan terbaru ini bakal memperkuat lini produk motor listrik kedua perusahaan, dengan baterai Honda Mobile Power Pack e: yang dapat ditukar.

Selain itu, kolaborasi ini juga bakal menawarkan solusi efisien dan ramah lingkungan yang penting bagi penggunaan pribadi dan niaga, sekaligus menjadi bagian dalam mempopulerkan kendaraan listrik di Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau