Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Luncurkan YZF-R3, Pakai Bahasa Desain R-Series Terbaru

Kompas.com - 11/10/2024, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha di Amerika memperbarui tampilan YZF-R3 atau R25 di Indonesia. Ubahannya cukup banyak, seperti desain bodi depan dan belakang yang disesuaikan dengan bahasa R-Series generasi terbaru.

Dikutip dari laman Yamaha Motorsport, desain R3 sekarang mirip dengan R-Series lainnya. Jadi lampu utama LED cuma ada satu di bagian yang biasanya jadi lubang udara.

Sedangkan yang tadinya ada dua lampu utama, kini jadi position lights atau DRL. Begitu juga bagian buritan belakang baru dengan lampu yang semuanya sudah LED.

 Baca juga: Mesin V4 Yamaha Disebut Baru Siap pada Pertengahan 2025

Yamaha YZF-R3 2025YAMAHA MOTORSPORT Yamaha YZF-R3 2025

Secara kasat mata memang itu saja ubahannya. Tapi ada perbedaan dari segi ergonomi dengan bangku yang lebih kecil dengan bodi yang ramping, lebih mudah buat knee-down.

Fitur baru lainnya adalah assist & slipper clutch terbaru yang bikin turun gigi lebih mulus dan tarikan tuas kopling yang lebih ringan. Serta layar instrumen baru yang sudah digital, terkoneksi dengan Y-Connect, dan colokan USB type A.

Sisanya tidak banyak berubah dari R3 model sebelumnya. Contoh di sektor mesin, masih mengandalkan unit 321cc dua silinder berpendingin cairan.

Baca juga: Beli Motor Bekas, Jangan Tergiur Kilometer Rendah Saja


Tenaga yang dihasilkan 41,4 TK di 10.750 RPM dan torsi 29,5 Nm di 9.000 RPM. Tenaganya disalurkan dengan transmisi manual enam percepatan.

Pada bagian kaki-kaki depan menggunakan suspensi upside-down dan belakang monoshock. Lalu pengereman depan dengan cakram 298mm model floating dan belakang 220mm yang dilengkapi ABS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau