Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Ban Cadangan Space Saver Tidak Harus Dipasang di Roda Belakang

Kompas.com - 24/09/2024, 20:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan menggunakan ban jenis space saver yang ukurannya lebih kecil dari ban standar, banyak yang menilai berbahaya kalau digunakan pada roda depan. Pasalnya, handling mobil akan menjadi tidak stabil.

Untuk itu, ada juga yang menyarankan kalau ban yang bocor bagian depan, maka ban belakang dipindah ke bagian depan. Sehingga, ban cadangan jenis space saver tetap digunakan di roda belakang.

Baca juga: Pakai Ban Serep Space Saver Jangan Samakan Pakai Ukuran Standar

"Itu benar juga, karena dimensi dan kemampuannya beda dengan ban OEM-nya, harus kita sikapi, tekanan udara harus sesuai yang direkomendasikan. Biasanya tertulis di bannya, kalau tidak salah sampai 4,2 Kg/cm2 (59 psi)," ujar On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Ilustrasi pengemudi mengganti ban bocor dengan ban cadangan jenis temporary tireFlickr/Robmba Ilustrasi pengemudi mengganti ban bocor dengan ban cadangan jenis temporary tire

"Kemudian perlakuannya, karena grip dan handling pasti beda dengan ban bawaan kendaraannya atau ground tire," kata Zulpata.

Menurut Zulpata, tujuan pabrikan mobil memakai ban temporary agar bisa dipakai darurat untuk semua posisi pada kendaraan. Dengan menggunakan ban tersebut, efisiensi akan berkurang, begitu pula handling dan daya pengereman.

Baca juga: Keamanan dan Efisiensi dalam Desain Ban Serep Space Saver

"Untuk itu, harus selalu ingat, kita sedang memakai ban cadangan. Malah ban cadangan kalau dipasang di belakang harus lebih hati-hati lagi dibanding dipasang di depan," ujarnya.

Menurutnya, bila dipasang di depan, masih bisa dikendalikan dengan stir kita. Tapi, jika posisinya di belakang, maka akan lebih sulit untuk mengendalikannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau