Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Konsumsi BBM Honda BR-V N7X Edition, Mumpuni untuk Harian

Kompas.com - 24/09/2024, 08:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Honda BR-V N7X semakin memperkuat posisi pabrikan di segmen low sport utility vehicle (LSUV) dalam negeri.

Pasalnya, dengan banderol Rp 319 juta sampai Rp 363 jutaan, mobil memiliki komposisi menarik antara kepraktisan dan desain, dengan fitur canggih yang disematkan.

Kemudian, ditambah dapur pacu yang tetap menggunakan teknologi i-VTEC yang terkenal bandel dan efisien, BR-V N7X patut menjadi pertimbangan bagi para pecinta low SUV nasional.

Baca juga: Ulas Desain Honda BR-V N7X, Elegan dan Stylish

Honda BR-V N7X EditionKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Honda BR-V N7X Edition

Untuk diketahui, BR-V N7X mengusung mesin bensin 4 silinder segaris dengan kapasitas 1.500 cc, DOHC 16 katup, yang memiliki tenaga sebesar 120 tk dan torsi maksimum 145 Nm. Performa itu ke roda depan (FWD) melalui transmisi CVT.

Selama pengujian selama tiga hari di jalur perkotaan, kombinasi tersebut membuat mobil sangat responsif dan handling yang lincah ketika bermanuver. Mengakibatkan mobil terasa ringan ketika harus mendahului kendaraan lain.

Mesin Honda BR-V N7XKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Mesin Honda BR-V N7X

Ketika dicoba berakselerasi, dari kondisi mobil diam hingga kecepatan 100 kilometer per jam (kpj), kendaraan mampu mencatatkan waktu 12 detik. Ini cukup cepat bagi sebuah LSUV 7-penumpang.

Namun, memang dari posisi mengemudi, bantingan suspensi, kemampuan mobil saat diajak bermanuver, masih sama seperti BR-V generasi terbaru. Tapi, N7X Edition tentu menawarkan nilai yang lebih tinggi dengan tampilannya.

Baca juga: Impresi Berkendara BR-V N7X Edition, Cukup Jadi Mobil Perkotaan

Konsumsi BBM Honda BR-V N7XKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Konsumsi BBM Honda BR-V N7X

Setelah berkendara hingga 155,1 kilometer di dalam kota, tercatat di layar MID rata-rata konsumsi BBM BR-V N7X Edition 13,9 kilometer per liter (kpl) dengan avarage speed 27 kpl.

Tentu, angka itu bisa saja berbeda dengan orang lain karena konsumsi BBM tergantung kondisi jalan dan rata-rata kecepatan yang dipakai.

Pada pengetesan Kompas.com, dengan trek Bekasi-Jakarta Selatan selama tiga hari, jalur yang dilalui cukup padat kendaraan apalagi di akhir pekan. Tapi ketika masuk ke jalan tol, lalu lintas relatif renggang sehingga mobil bisa dipacu hingga 80 Kpj ke atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau