Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menanti Harga 7 Mobil Listrik Terbaru di Indonesia

Kompas.com - 13/09/2024, 15:31 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pilihan mobil listrik di Indonesia terus bertambah, jumlahnya sudah mencapai puluhan model. Bahkan, masih ada beberapa model mobil listrik yang sudah diperkenalkan, tapi belum dibanderol.

Tercatat ada tujuh model mobil listrik yang belum resmi dipasarkan hingga saat ini. Ketujuh model tersebut sudah diperkenalkan ke publik pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 yang digelar Juli lalu.

Baca juga: Update Harga Mobil Listrik September 2024

Berikut ini ketujuh mobil listrik tersebut:
1. Aion Hyptec HT Gullwing

Aion Hyptec HTKOMPAS.com / Rulli Kurniawan Aion Hyptec HT

GAC Aion sudah meluncurkan Hyptec HT dalam dua varian, yakni Premium dan Ultra. Namun, baru varian Premium yang sudah memiliki harga, yakni Rp 680 juta (OTR Jakarta). Sementara untuk varian Ultra, hingga kini belum diumumkan harganya.

Berbeda dengan varian Premium, Hyptec HT Ultra memiliki pintu model gullwing. Pintu pada baris kedua terbuka ke atas. Salah satu keunggulan dari mobil listrik premium ini adalah kabinnya yang cukup lapang. Selain itu, Kapasitas baterainya 83 kWh dan diklaim dapat menempuh jarak lebih dari 600 km.

Tenaganya dapat mencapai 335 Tk dan torsi 430 Nm. Kemampuan akselerasinya untuk 0-100 kpj diklaim dapat dicapai hanya dalam waktu 5,8 detik.

Baca juga: Hitung Besaran Pajak Mobil Listrik, Per Tahun Tidak Sampai Rp 500.000

2. Chery iCar 03

Chery iCar 03 di GIIAS 2024.Ilham Karim/Kompas.com Chery iCar 03 di GIIAS 2024.

PT Chery Sales Indonesia (CSI) sudah memamerkan SUV listrik iCar 03. Meski sudah membuka pemesanan dan mengeklaim ada ratusan konsumen yang memesannya, Chery hingga kini masih belum mengumumkan harga iCar 03.

Mobil ini dibekali motor listrik yang mampu menghasilkan akselerasi dari 0-100 kpj dalam 6,5 detik. Kecepatan maksimalnya diklaim dapat dicapai adalah 150 kpj. Chery membekali iCar 03 dengan baterai lithium iron phosphate (LFP) yang tersedia dalam tiga kapasitas, mulai 50,63 kWh, 65,69 kWh, hingga 69,77 kWh. Dengan kapasitas terbesar, iCar 03 dapat menempuh jarak hingga 501 km.

PT CSI menyebutkan pihaknya belum bisa menjanjikan waktu peluncuran iCar 03 secara resmi. Tapi, Chery berharap SUV listrik dari China itu akan hadir pada kuartal pertama tahun 2025.

3. DFSK Seres 9

Seres 9 conceptKompas.com/Nanda Seres 9 concept

Pabrikan China lainnya yang akan meluncurkan mobil listrik baru adalah PT Sokonindo Automobile (DFSK). Pada GIIAS 2024, DFSK menghadirkan MPV listrik Seres 9. Mobil listrik ini belum dijual secara resmi dan kabarnya baru tahun depan rencananya akan diluncurkan.

Disebutkan bahwa DFSK masih melakukan riset terhadap pasar Indonesia. Salah satu tujuannya adalah untuk menentukan berapa harga yang pantas untuk Seres 9.

Seres 9 diklaim memiliki jarak tempuh hingga 630 Km. Kemampuan akselerasinya untuk 0-100 kpj dapat ditempuh hanya dalam waktu 4,3 detik. Mobil ini dilengkapi dengan teknologi Al (Artificial Intelligence) dengan lebih dari 300 fitur cerdas dan canggih.

4. MG M9

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau