Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes MPV Listrik Zeekr 009 di Sirkuit Ningbo, China.

Kompas.com - 12/09/2024, 10:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Zeekr akan meluncurkan dua model baru di Indonesia salah satunya Zeekr 009. Sebelum resmi meluncur, Kompas.com mendapat kesempatan buat menjajalnya sebentar.

Tes kali ini spesial karena dilakukan di Sirkuit Internasional Ningbi, di China. Kompas.com mendapat kesempatan dua lap menjadi sopir dan penumpang sehingga total empat lap.

Baca juga: Bagnaia Tidak Setuju Alat Komunikasi Tambahan di MotoGP 2025

Pertama duduk di bangku pengemudi, terasa aura yang menyenangkan. Full size MPV bertanaga ini listrik terasa padat dengan material yang mewah.

Zeekr 009Foto: Zeekr Zeekr 009

Setirnya juga terasa mantap. Sebab, salah satu permasalahan mobil listrik yang kerap terasa,  ialah setir yang terasa kurang mantap, baik itu terlalu enteng atau malah kosong, tidak terasa "gesekan ban" yang sampai ke setir.

Untuk diketahui, Sirkuit Ningbo punya panjang 4,1 Km namun dalam sesi test drive kali ini cuma dipakai setengahnya. Beberapa bagian juga dibuat halang rintang untuk mengeluarkan potensi mobilnya.

Saat pedal diinjak mobil terasa responsif, tapi karena masih berada di di pit lane kecepatannya dibatasi cuma 50 Kpj. Dari kecepatan itu terasa tarikannya padat, khas mobil listrik.

Baca juga: NETA S Shooting Brake Edition Mulai Dipasarkan di China

Zeekr 009Foto: KOMPAS.com/Gilang Zeekr 009

Namun, sensasi yang diberikan halus bukan mobil listrik yang terasa “menjengat.” Wajar sebab mobil ini ialah MPV dbongsor yan digadang bermain di segmen premium alias kelas atas.

Usai dari pit lane memasuki tikungan pertama, terasa mobil masih anteng mengikuti arah setir. Saat tutup gas, Rpm tidak langsung drop sehingga keluar tikungan tidak kehilangan tenaga.

Kemudian masuk pada bagian zig-zag alias slalom. Bodi roll cukup terasa sebab mobil ini memang besar dan agak boxy. Buat pengemudi tidak masalah sebab setir tetap “ajek” dan mobil terasa lincah.

Baca juga: Mobil Listrik Mazda MX-30 Meluncur Tahun Ini

Zeekr 009Foto: Zeekr Zeekr 009

Zeekr memiliki dimensi panjang 5.209 mm, lebar 2.024 mm, tinggi 1.848 -1858 mm dan wheelbase 3.205 mm. Singkatnya bayangkan saja Alphard melakukan zig-zag.

Satu yang digaris bawahi ialah meski diajak sedikit ngebut di sirkuit Zeekr 009 dapat mengikuti maunya pengemudi. Namun. sebagai sopir pasti paham peruntukan MPV sebagai mobil keluarga.

Mengenai tenaga tidak ada masalah. Responsif tenaga yang dikeluarkan dengan intensitas tekanan pada pedal gas sangat baik.

Baca juga: Jajal Singkat Mazda CX-60, SUV Termahal Mazda

Zeekr 009Foto: KOMPAS.com/Gilang Zeekr 009

Namun, perlu dipahami ialah tes ini dilakukan di sirkuit yang jalannya kosong. Adapun pengalaman langsung ketika menyetir di jalan raya mungkin bisa berbeda sebab akan bertemu macet dan situasi stop and go.

Belum ada konfirmasi mengenai spesifikasi baterai dan jarak tempuh yang nanti bakal meluncur di Indonesia.

Namun yang pasti Zeekr 009 menggunakan motor listrik alias dinamo tipe silikon-karbida yang membuat mobil dapat berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 3,9 detik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau