Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajal 4 Mobil Listrik Zeekr di Sirkuit Ningbo, China

Kompas.com - 12/09/2024, 08:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

NINGBO, KOMPAS.com – Merek mobil listrik premium asal China, Zeekr, akan meluncurkan dua model baru yaitu Zeekr X dan Zeekr 009, di Indonesia pada akhir tahun 2024.

Sebelum resmi meluncur di Indinesia, PT Premium Auto Prima sebagai Agen Pemegang Merek (APM) mengajak sejumlah media termasuk Kompas.com untuk menjajalnya langsung di China.

Baca juga: Rayakan Harhubnas 17 September, Bayar Parkir di Kota Semarang Pakai QRIS Hanya Rp 53

Tak tanggung-tanggung, tes singkat ini dilakukan di Sirkuit Ningbo International Speedway, yaitu sirkuit yang dibangun oleh Geely Holding Group, payung dari Zeekr.

 

Zeekr 001 FRFoto: Zeekr Zeekr 001 FR

Kemudian yang menjadi spesial, awak media Indonesia tak cuma boleh menjajal Zeekr X dan Zeek 009, namun juga model lain yang sudah eksis tapi belum dibawa ke Indonesia, yaitu Zeekr 001 dan Zeekr 001 FR.

Sirkuit Ningbo International Speedway mengantungi homologasi standar FIA Grade 2. Sirkuit ini pernah menjadi tuan rumah World Touring Car Championship Race of China dan pagelaran balap dunia bergengsi lainnya.

“Selamat datang di Sirkuit Ningbo, saya tahu kalian sudah pernah punya pengalaman mengendarai mobil di sirkuit. Sirkuit ini punya panjang 4,105 Km punya 22 tikungan, dan elevasi sampai 2,4 meter,” kata ujar Rey Gao, instruktur Zeekr di Ningbo, China, Selasa (10/9/2024).

Baca juga: Ada Konser Bruno Mars Hari Ini, Simak Rekayasa Lalu Lintas Sekitar JIS

“Saat di tanjakan kalian boleh injak gas untuk merasakan tarikan mobil, tapi tolong saat turunan berhati-hati. Rasakan mobilnya,” kata Rey.

 

Zeekr 001Foto: Zeekr Zeekr 001

Meski boleh menjajalnya langsung di sirkuit, tidak semua bagian sirkuit dipakai buat tes melainkan hanya setengahnya. Rey Gao menyebut tes ini ialah soal rasa berkendara bukan balapan.

Kemudian beberapa bagian sirkuit dibuat bentuk slalom menggunakan kun (cone) dan juga alang rintang, tujuannya untuk merasakan pengendalian, performa dan akselerasi serta pengereman.

Sayangnya saat melakukan sesi tes di sirkuit, hujan deras melanda Ningbo. Sesi tes diundur 30 menit dari jadwal untuk memastikan lintasan tetap aman untuk dipakai.

Baca juga: Jajal Singkat Mazda CX-60, SUV Termahal Mazda

Setelah dipastikan aman media dari Indonesia bergantian mencoba berbagai mobil Zeekr sesuai urutan.

 

Zeekr 009Foto: Zeekr Zeekr 009

Baca juga: Komunitas GR Enthusiast Rayakan Hari Jadi yang Pertama

Impresi awal Kompas.com terhadap Zeekr X dan Zeekr 009 cukup baik. Percobaan kali ini sebanyak dua lap baik sebagai sopir dan penumpang sehingga total sebanyak empat lap.

Pun demikian dengan impresi dua mobil lainnya Zeekr 001 dan Zeekr 001 FR. Dua mobil “bengis” bertenaga dasyat yang mampu mengeluarkan adrenalin pengemudi meski tahu trek sedang basah.

Agar lebih lengkap dan mencakup berbagai detail mobil-mobil yang dicoba tersebut, liputan lengkap mengenai rasa berkendara tiap mobil akan dibuat terpisah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau