Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Motor Terkena Pembatasan BBM Pertalite?

Kompas.com - 10/09/2024, 17:32 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite yang dipasarkan oleh PT Pertamina (Persero), telah menjadi pilihan favorit banyak pengendara motor di Indonesia karena harga yang relatif lebih terjangkau.

Terutama dibandingkan dengan jenis BBM lainnya seperti Pertamax (RON 92) dan Pertamax Turbo (RON 98).

Namun di tengah isu pembatasan bahan bakar, dengan mewajibkan pengendara untuk bertransaksi menggunakan QR Code. Benarkan sepeda motor jadi kendaraan yang terkena pembatasan BBM Pertalite?

Baca juga: Daftar Harga Motor Bebek Bekas, Revo mulai Rp 4,6 Jutaan

Ilustrasi pengendara motor beli BBM Pertalite di SPBU Pertamina. Motor 250 cc ke atas dan mobil 1.400 ke atas disebut dilarang beli Pertalite mulai 1 Oktober 2024.Dok. Pertamina Ilustrasi pengendara motor beli BBM Pertalite di SPBU Pertamina. Motor 250 cc ke atas dan mobil 1.400 ke atas disebut dilarang beli Pertalite mulai 1 Oktober 2024.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, baru-baru ini memberikan pernyataan penting mengenai kebijakan subsidi BBM di Indonesia.

Luhut menjelaskan bahwa sepeda motor tidak akan terkena dampak dari pembatasan BBM subsidi, yang menjadi perhatian banyak pihak.

“Jadi ada 132 juta pengguna sepeda motor tidak akan terpengaruh dengan rencana yang saya sebutkan (pembatasan BBM subsidi),” ujar Luhut, dilansir dari laman Korlantas Polri (10/9/2024).

Baca juga: Ini 10 Merek Mobil Terlaris Agustus 2024, BYD Tembus 10 Besar

Selain itu, pemerintah juga tidak akan menaikkan harga BBM subsidi, sebaliknya, akan fokus pada peningkatan efisiensi penyaluran subsidi menggunakan teknologi canggih seperti kecerdasan buatan (AI).

“Saya ingin ulangi, tidak ada kenaikan harga BBM tetapi tepat sasaran BBM yang perlu dapat subsidi, itu yang perlu kita lakukan dengan AI,” ucap Luhut.

Meskipun rincian teknis mengenai implementasi AI belum diungkapkan, langkah ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam penyaluran subsidi.

AI dapat memainkan peran penting dalam mengidentifikasi dan memverifikasi penerima subsidi, serta memantau distribusi dengan lebih transparan dan tepat sasaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau