Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curhat Pengemudi Nyaris Kecelakaan gara-gara Karpet Mobil Tersangkut

Kompas.com - 10/09/2024, 15:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu fungsi dari karpet mobil, yaitu untuk menjaga kebersihan, hingga kenyamanan pengemudi dan penumpang selama di perjalanan. Akan tetapi, apabila salah pasang, malah bisa menimbulkan masalah besar.

Seperti dalam unggahan akun Twitter @innovacommunity, Selasa (10/9/2024). Rekaman tersebut menunjukkan karpet mobil yang nyaris menjadi penyebab kecelakaan lantaran bentuknya yang tidak presisi.

Pria dalam video tersebut menjelaskan, bentuk karpet yang tidak sesuai tersangkut pedal gas hingga membuat dirinya sulit menginjak pedal gas dan nyaris menyebabkan kecelakaan.

Baca juga: Jelang Laga Indonesia vs Australia, Berikut 9 Kantong Parkir di GBK

“Aku tuh mau pulang perjalanan Tawangmangu, aku tadi mau kecelakaan. Karena apa? Ini loh tak spill, jadi ini gas kesangkut alas mobil (karpet) yang melendung, tak injek nggak bisa, aku tadi sudah mau celaka gara-gara ini. Apalagi tadi aku di tanjakan, tenaga yang keluar cuma sedikit, karena (gas) tersangkut (karpet) dan ketahanan, tadi aku deg-degan, untung enggak kecemplung,” kata pria dalam video tersebut.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, banyak pemilik kendaraan yang melakukan modifikasi pada kabin namun kurang matang dalam sisi keselamatan.

“Terlihat simpel, kecil atau seolah tidak berpengaruh tetapi bisa mengakibatkan bahaya kecelakaan,” kata Sony, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (10/9/2024).

Menurut Sony, pemilik kendaraan diperbolehkan untuk menggunakan karpet tambahan. Namun, pertimbangan keselamatan tetap harus nomor satu.

“Pertimbangannya, karpet ini mengganggu tidak saat kondisi tertentu? Yang namanya mobil akan bergerak ke depan, belakang, kanan dan kiri. Artinya, pemilihan karpet yang benar harus fix, tidak boleh bergerak atau bergeser satu senti pun. Lebih baik yang ada pengait atau kancing,” ucap Sony.

Baca juga: Wajib Cek Bagian Ini Setelah Melakukan Perawatan AC Mobil

Selain itu, dalam memasang karpet mobil sebaiknya memperhatikan banyak hal. Mulai dari material yang mudah dibersihkan agar tidak mengganggu kesehatan.

Pemilihan warna juga disarankan yang tidak gelap, agar mudah terlihat jika ada sesuatu atau benda yang tidak layak berada di dek. Selain itu, jika kotoran di karpet juga bisa dengan mudah terlihat.

“Dimensi harus sesuai dengan ruang dek dan pedal-pedal yang ada di bawah, ukuran sudah sesuai tetapi masangnya terbalik juga tidak benar,” kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau