Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Suara dan Kinerja AC Sebelum Membeli Mobil Bekas

Kompas.com - 10/09/2024, 15:41 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat membeli mobil bekas, salah satu komponen penting yang harus diperiksa secara menyeluruh adalah sistem pendingin udara (AC).

Menurut Gunawan, pemilik bengkel AC mobil Premium 99, salah satu tanda awal adanya masalah pada AC adalah munculnya suara kasar saat AC dinyalakan.

"Saat mesin mobil berjalan tanpa AC tidak ada suara yang mencurigakan, tetapi ketika AC dinyalakan tiba-tiba muncul suara kasar, itu bisa menjadi indikasi adanya kerusakan pada kompresor atau komponen AC lainnya," ujar Gunawan kepada Kompas.com, Senin (9/9/2024).

Baca juga: Pelajar Naik Angkot AC Depok, Cukup Bayar Rp 3.000

Suara kasar ini sering kali diabaikan oleh calon pembeli mobil bekas, padahal dapat menjadi tanda awal masalah yang lebih serius.

Menurutnya, kompresor yang sudah aus atau komponen lain yang mulai rusak bisa menimbulkan suara tersebut. Jika tidak segera diperbaiki, biaya perbaikannya bisa cukup besar.

Selain suara, Gunawan juga menekankan pentingnya memeriksa kinerja motor blower dengan mengecek setiap tingkat kecepatan, dari level terendah hingga tertinggi.

Ilustrasi mengecek kondisi AC saat mau beli mobil bekasGardaoto Ilustrasi mengecek kondisi AC saat mau beli mobil bekas

"Kinerja motor blower yang tidak normal pada salah satu kecepatan bisa menjadi tanda bahwa ada masalah pada sistem kontrol atau motor blower itu sendiri," tambahnya.

Dengan memperhatikan tanda-tanda ini, pembeli mobil bekas dapat menghindari kerugian besar akibat perbaikan AC di kemudian hari.

Baca juga: Jelang Laga Indonesia vs Australia, Berikut 9 Kantong Parkir di GBK

"Pastikan untuk selalu melakukan pengecekan menyeluruh sebelum membeli mobil bekas, terutama pada komponen yang sering digunakan seperti AC," tutup Gunawan.

Bagi calon pembeli, memeriksa kondisi AC tidak hanya penting untuk kenyamanan, tetapi juga untuk menghindari biaya tak terduga di masa depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau