Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Modifikasi CVT Sebelum Garansi Habis, Ada Risikonya

Kompas.com - 10/09/2024, 11:22 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa pengendara tak jarang tergoda untuk melakukan modifikasi pada komponen sepeda motor guna meningkatkan performa atau tampilan.

Salah satu bagian yang sering dimodifikasi adalah CVT (Continuously Variable Transmission), sistem transmisi otomatis yang banyak digunakan pada motor matic.

Namun, Wahyudin, teknisi PT Astra Honda Motor (AHM), mengingatkan bahwa modifikasi pada CVT sebaiknya ditunda hingga masa garansi kendaraan berakhir.

Baca juga: [POPULER OTOMOTIF] Rumor Honda Mau Luncurkan PCX 160 dengan Tampilan Forza | Kondisi AC Mobil Harus Off Sebelum Mematikan Mesin? | Ganjil Genap Jakarta Tidak Berlaku Senin Pekan Depan

Menurutnya, melakukan perubahan sebelum masa garansi habis dapat memicu berbagai masalah pada komponen tersebut.

“Meski ada saja orang berpendapat cukup aman untuk memodifikasi CVT, namun kami enggak menyarankannya sebelum masa garansi habis. Modifikasi seperti mengganti rumah roller atau mengubah bagian CVT lainnya bisa mempengaruhi performa dan bahkan membatalkan garansi,” ujar Wahyudin kepada Kompas.com, Senin (9/9/2024).

Ia menjelaskan bahwa CVT dirancang secara presisi untuk menyesuaikan kebutuhan tenaga dan efisiensi bahan bakar kendaraan.

Ilustrasi modifikasi CVT.Astra Motor Ilustrasi modifikasi CVT.

Mengubah komponen internal CVT dapat menyebabkan gesekan yang tidak diinginkan dan memperpendek usia pakai komponen.

Selain itu, Wahyudin menekankan bahwa modifikasi sering kali dilakukan tanpa mempertimbangkan kondisi lingkungan tempat kendaraan digunakan.

Misalnya, di medan berat seperti jalanan penuh debu atau asap, partikel-partikel kecil dapat masuk ke rumah CVT dan memperburuk kondisi komponen yang sudah dimodifikasi.

“Jika modifikasi sudah dilakukan dan kendaraan digunakan di lingkungan kotor, risiko kerusakan komponen CVT semakin tinggi,” tambahnya.

Baca juga: Produsen Apparel Ini Ajak Kumpul Ratusan Konsumen dari Berbagai Kota

Wahyudin menyarankan agar pengguna kendaraan mempertimbangkan untuk menunda modifikasi CVT hingga masa garansi berakhir.

Hal ini demi menjaga performa kendaraan dan menghindari potensi masalah di kemudian hari, terutama saat kendaraan masih dalam periode garansi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau