Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Rumor Honda Mau Luncurkan PCX 160 dengan Tampilan Forza | Kondisi AC Mobil Harus Off Sebelum Mematikan Mesin? | Ganjil Genap Jakarta Tidak Berlaku Senin Pekan Depan

Kompas.com - 10/09/2024, 06:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pembaca ingin tahu soal rumor Honda yang mau meluncurkan PCX 160 dengan tampilan Forza. Begitu pula dengan artikel yang menyebutkan kondisi AC mobil harus off sebelum mematikan mesin.

Selain itu, banyak juga yang ingin tahu dengan ganjil genap Jakarta yang tidak berlaku pada Senin pekan depan. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini kumpulan artikel otomotif terpopuler pada Senin (9/9/2024):

1. Rumor Honda Mau Luncurkan PCX 160 dengan Tampilan Forza

Honda Forza 125 model year 2023Dok. Honda Europe Honda Forza 125 model year 2023

Setelah Yamaha Nmax Turbo hadir di pasaran, Honda kabarnya tidak tinggal diam dan siap meluncurkan All New Honda PCX 160. Apabila Nmax Turbo fokus pada performa dan fitur, PCX 160 kabarnya bakal muncul dengan desain lebih gambot dan makin keren seperti Forza 350.

Dilansir dari laman Greatbiker (8/9/2024), sebuah kode produksi motor baru ‘K1Z’ yang baru muncul disinyalir jadi calon PCX 160 terbaru. Skutik bongsor ini diprediksi bakal mengalami ubahan signifikan dari sisi penampilan.

Baca juga: Rumor Honda Mau Luncurkan PCX 160 dengan Tampilan Forza

2. Hasil Klasemen Usai MotoGP San Marino 2024, Martin Masih Memimpin

Jorge MartinInstagram @89jorgemartin Jorge Martin

MotoGP San Marino 2024 yang digelar di Sirkuit Misano berhasil dimenangkan oleh Marc Marquez. Meski demikian, Jorge Martin masih bertahan di puncak klasemen sementara MotoGP 2024.

Dengan kemenangan keduanya pada balapan utama, Marc semakin kuat bertahan di peringkat ketiga. Dia sudah mengumpulkan 259 poin.

Baca juga: Hasil Klasemen Usai MotoGP San Marino 2024, Martin Masih Memimpin

3. Kondisi AC Mobil Harus Off Sebelum Mematikan Mesin?

Penyebab umum mobil sulit distarter.suzuki Penyebab umum mobil sulit distarter.

Mobil dilengkapi starting system untuk dapat menghidupkan mesin dengan lancar dan ringan. Motor starter membutuhkan tenaga listrik cukup besar, agar mampu memutar poros engkol untuk pertama kali.

Sementara tenaga listrik untuk memutar motor starter diambil dari sumber terbatas, yakni baterai 12 volt atau aki. Sehingga, sebisa mungkin penggunaanya seefisien mungkin.

Baca juga: Kondisi AC Mobil Harus Off Sebelum Mematikan Mesin?

4. Toyota Tanggapi Periklindo yang Tolak Insentif Hybrid

Perjalanan test drive jajaran mobil hybrid dan PHEV Toyota, dari Banyuwangi-Bali, 9-11 Oktober 2019.CUTENK Perjalanan test drive jajaran mobil hybrid dan PHEV Toyota, dari Banyuwangi-Bali, 9-11 Oktober 2019.

Belum lama ini Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo), Moeldoko, tegas menolak jika ada wacana pemberian insentif untuk mobil hybrid.

Asosiasi yang terdiri dari semua pihak dalam industri kendaraan listrik mulai dari produsen mobil sampai baterai itu menyebut, mobil hybrid tetap menyumbang emisi karena masih memakai bahan bakar minyak.

Baca juga: Toyota Tanggapi Periklindo yang Tolak Insentif Hybrid

5. Ganjil Genap Jakarta Tidak Berlaku Senin Pekan Depan

Kendaraan bermotor melambat akibat terjebak kemacetan di jalan Jenderal Sudriman, Jakarta Pusat, Kamis (8/8/2019). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk memperluas sistem pembatasan kendaraan bermotor berdasarkan nomor polisi ganjil dan genap. Sosialisasi perluasan ganjil genap dimulai dari 7 Agustus hingga 8 September 2019. Kemudian, uji coba di ruas jalan tambahan dimulai pada 12 Agustus sampai 6 September 2019.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Kendaraan bermotor melambat akibat terjebak kemacetan di jalan Jenderal Sudriman, Jakarta Pusat, Kamis (8/8/2019). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk memperluas sistem pembatasan kendaraan bermotor berdasarkan nomor polisi ganjil dan genap. Sosialisasi perluasan ganjil genap dimulai dari 7 Agustus hingga 8 September 2019. Kemudian, uji coba di ruas jalan tambahan dimulai pada 12 Agustus sampai 6 September 2019.

Skema pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil genap rencananya tidak akan berlaku pada Senin (16/9/2024) pekan depan. Hal ini dilakukan karena adanya Libur Hari Maulid Nabi Muhammad SAW.

Dilansir dari Instagram resmi @dishubdkijakarta (8/9/2024), Peniadaan sistem Ganjil Genap ini dilakukan sesuai Surat Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024.

Baca juga: Ganjil Genap Jakarta Tidak Berlaku Senin Pekan Depan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau