Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumor Yamaha Aerox Bakal Dapat Teknologi Nmax Turbo

Kompas.com - 10/09/2024, 08:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah All New Yamaha Nmax meluncur baru-baru ini, Yamaha kabarnya tengah mengembangkan All New Yamaha Aerox.

Dilansir dari Greatbiker (9/9/2024), Aerox terbaru kabarnya akan diluncurkan pada akhir tahun 2024. Sorotan utama ubahan Aerox tentu saja peningkatan sistem transmisi YECVT yang menggantikan CVT tradisional.

Dengan teknologi YECVT, skutik ini bakal punya dua mode berkendara, yaitu T-Mode (Town Commuting) dan S-Mode (Sport Touring).

Baca juga: Rumor Honda Mau Luncurkan PCX 160 dengan Tampilan Forza

Tombol Y-Shift di saklar sebelah kiri Nmax Turbo, fitur yang bisa mengubah karakter motor dengan seketika.KOMPAS.com/ADITYO WISNU Tombol Y-Shift di saklar sebelah kiri Nmax Turbo, fitur yang bisa mengubah karakter motor dengan seketika.

Kemudian, terdapat juga sistem Y-Shift yang tersedia dalam tiga mode: Rendah (1), Sedang (2) dan Tinggi (3), yang masing-masing menawarkan akselerasi jangka pendek yang berbeda.

Fitur ini cocok untuk digunakan untuk menyalip kendaraan, atau digunakan untuk mengurangi kecepatan kendaraan, misal saat jalan menurun.

Prediksi kami, kehadiran calon Aerox terbaru pada tahun ini, atau setidaknya pada 2025 mendatang, memang sudah sesuai dengan lifecycle atau siklus hidupnya.

Baca juga: Ganjil Genap Jakarta Tidak Berlaku Senin Pekan Depan

Berdasarkan hitung-hitungan, Aerox pertama kali meluncur pada 2016. Kemudian pada 2020, hadir versi facelift yang mendapatkan fitur Connected. Artinya setiap 4-5 tahun sekali, motor ini rutin mendapat pembaruan.

Begitu juga dengan Nmax yang pertama kali meluncur pada 2015, lalu pada 2019 hadir dengan desain bodi yang baru serta penambahan fitur Connected. Lalu pada 2024, hadir Nmax generasi ketiga yang mendapat ubahan menyeluruh.

Sebelumnya, Yamaha menyatakan bahwa penyematan teknologi YECVT pada motor tipe lain akan melihat bagaimana respon pasar.

Baca juga: Kondisi AC Mobil Harus Off Sebelum Mematikan Mesin?

Mesin dan CVT Yamaha NMAX TurboKOMPAS.com/ADITYO WISNU Mesin dan CVT Yamaha NMAX Turbo

"Saya pikir teknologi berkembang terus. Kita mau lihat responsnya seperti apa, ternyata diterima dengan positif,” ujar Antonius Widiantoro saat masih menjabat Asst. General Manager Marketing – Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), pada Juni lalu.

"Ya, nantinya jika ada konsumen yang menginginkan kita tentunya akan pertimbangkan. Tapi kita fokus ke Nmax. Membuat motor kan tidak hanya dari kemauan Yamaha tetapi juga ada masukan konsumen,” kata dia.

Seperti diketahui, Aerox merupakan bagian dari keluarga skutik maxi Yamaha, yang terakhir kali mendapat penyegaran pada 2020.

Baca juga: Toyota Tanggapi Periklindo yang Tolak Insentif Hybrid

Yamaha All New Aerox 155 Connected ABS dengan livery speed blockDok. YIMM Yamaha All New Aerox 155 Connected ABS dengan livery speed block

Seperti halnya Nmax, Aerox juga dibekali mesin 155 cc dengan tenaga sebesar 11,3 kW atau setara 15,1 Tk pada 8.000 rpm dan torsi maksimum 13,9 Nm pada 6.500 rpm.

Pada facelift terakhir, kepraktisan Aerox makin baik karena luas bagasi tambah besar menjadi 5,5 liter, dari sebelumnya 4,6 liter.

Motor ini juga memiliki sejumlah fitur tambahan seperti LCD spidometer baru, soket charger 12 volt, Stop Start System, Smart Motor Generator, dan lampu hazard.

Sedangkan pada varian teratas sudah mendapat fitur Anti-lock Braking System (ABS) 1-channel, suspensi belakang dengan tabung, dan teknologi Smart Key alias keyless dengan Answer Back System.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau