Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkunjung ke Zeeker Design Studio, di Shanghai

Kompas.com - 10/09/2024, 07:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SHANGHAI, KOMPAS.com – Merek mobil listrik premium asal China, Zeekr, akan meramaikan pasar otomotif Indonesia, akhir 2024.

Sebelum peluncuran, Zeekr mengajak beberapa media berkunjung ke China. Melihat berbagai fasilitas bertaraf internasional milik Zeekr, yang merupakan bagian dari Geely Holding Group.

Baca juga: Produsen Apparel Ini Ajak Kumpul Ratusan Konsumen dari Berbagai Kota

Lokasi pertama yang dikunjungi media dari Indonesia termasuk Kompas.com dalam rangkaian kegiatan Zeekr Brand International Tour adalah Zeeker Design Studio, di Shanghai, China.

Zeekr 009Foto: KOMPAS.com/Gilang Zeekr 009

Studio ini merupakan studio desain global terbaru yang dibuka awal 2024, menyusul kesuksesan Zeekr Studio Design di Gothenburg, Swedia.

Javier Garcia-Gallardo, Head of Zeekr Art Design, mengatakan, studio baru di Shanghai merupakan cara perusahaan memperkuat keberadaan Zeekr sebagai perintis kendaraan listrik premium yang cerdas.

“Alasan kami buka studio di Shanghai ialah, pertama untuk mengetahui keinginan pasar China yang mana merupakan pasar terbesar mobil listrik di dunia, ujarnya yang ditemui di China, Senin (9/9/2024).

Baca juga: Pakai Oli yang Tidak Tepat Bisa Ganggu Kinerja Motor

Javier Garcia-Gallardo, Head of Zeekr Art Design Shanghai, China.Foto: Zeekr Javier Garcia-Gallardo, Head of Zeekr Art Design Shanghai, China.

Kedua kata Javier, hadirnya studi desain di Shanghai untuk mengakselerasi kecepatan pengembangan agar sesuai dengan perubahan di industri otomotif yang cepat.

“Alasan lain agar kami juga dekat dengan para supplier kami, dan dengan tim riset serta pengembangan (R&D),” ujar Javier.

Secara total tim desain Zeekr berjumlah sekitar 400 karyawan dengan latar belakang lebih dari 30 negara. Tujuannya agar bisa menghasilkan desain yang bisa diserap atau cocok dengan masyarakat global.

Baca juga: Cara Loyalis Innova Rayakan Hari Jadi ke-18

“Kami berusaha fokus meski banyak perbedaan di dalam tim kami. Seperti kali tahu kali ingin menjadi brand yang mendunia, jadi langkah ini penting bahwa desain kami bisa diterima secara global,” katanya.

ZeekrFoto: Zeekr Zeekr

Baca juga: Wuling Geber Jualan ICE, Hybrid, dan EV

Javier yang sebelumnya mengepalai Zeekr Art Design di Swedia, mengatakan, tim berusaha mempertahankan nilai-nilai desain Zeekr yaitu kolaborasi, transparansi, dan kepercayaan.

Studio di Shanghai sangat penting dalam menavigasi lanskap otomotif di Tiongkok yang selalu inovatif. Tak hanya desain eksterior mobil listrik tapi juga seluruh elemen yang ada di dalamnya, termasuk desain kursi, interior, setir, UI dan UX untuk sistem hiburan.

“Dengan fokus pada desain yang elegan dan mengedepankan pengemudi, tim menyajikan desain interior menjadi ruang minimal namun tetap menyenangkan,” kata Javier.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau