Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Toyota Raize, Paus Fransiskus Pakai Sienta di Timor Leste

Kompas.com - 10/09/2024, 06:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik sedunia, Paus Fransiskus tiba di Dili, Timor Leste pada Senin (9/9/2024) sore waktu setempat. Dalam kunjungannya itu, lagi-lagi Paus tampil sederhana dengan menggunakan Toyota Sienta.

Setelah mendarat di Bandara Internasional Presidente Nicolau Lobato, Paus disambut oleh Presiden Timor Leste Jose Manuel Ramos-Horta dan dua anak perempuan berpakaian tradisional.

Paus terlihat duduk di baris depan kursi penumpang Toyota Sienta berwarna silver. Mobil tersebut tampak terlihat sederhana, tanpa modifikasi apa pun.

Baca juga: Produsen Apparel Ini Ajak Kumpul Ratusan Konsumen dari Berbagai Kota

Sama seperti ketika berkunjung ke Indonesia, Toyota Sienta tersebut menggunakan pelat nomor SCV 1 yang merupakan singkatan dari Status Civitatis Vaticanae dalam bahasa latin atau kalau diterjemahkan menjadi Negara Kota Vatikan.

Sebagai informasi, Sienta merupakan mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) yang diproduksi oleh Toyota Indonesia. Mobil ini pertama kali meluncur pada 2016, namun sayangnya pada Januari 2023 Toyota secara resmi menghentikan produksi MPV pintu geser tersebut.

Toyota Sienta Varian V dengan kursi wheelcab jadi salah satu pilihan MPV dengan akses lengkap bagi disabilitas Toyota Sienta Varian V dengan kursi wheelcab jadi salah satu pilihan MPV dengan akses lengkap bagi disabilitas

Bicara soal tampilan, bagian fascia Sienta mengusung gril dengan desain yang mirip model Toyota lainnya seperti Vios, Yaris atau Camry, yaitu desain trapezoidal atau seperti desain berbentuk huruf A dengan sentuhan krom membentuk huruf V. Lampu depan menggunakan projector halogen dengan manual leveling.

Mobil ini mengadopsi pintu geser power sliding door seperti NAV1, Alphard dan Vellfire.

Masuk ke bagian kabin, layout interior Sienta cukup menonjolkan unsur kepraktisan. Seperti contoh glove box yang ada dua buah terletak di depan, lalu ada coin tray di depan tuas transmisi, dan dua buah cup holder.

Head unit Sienta juga sudah memiliki kemampuan untuk miracast, memutar file dari USB, iPhone dan Android, menangkap sinyal radio dan input AUX, serta koneksi Bluetooth.

Menyoal jantung pacu, Sienta menggunakan mesin 1.5L 2NR-FE empat silinder mampu menghasilkan tenaga 107 Ps atau 105 Tk di 6.000 rpm dan torsi maksimal 14.3 Kgm atau 140 Nm pada 4.200 rpm. Mobil ini menawarkan dua pilihan transmisi, yakni manual dan CVT.

Baca juga: Pakai Oli yang Tidak Tepat Bisa Ganggu Kinerja Motor

Meski sudah disuntik mati, masih banyak situs jual beli mobil bekas yang menawarkan Sienta second. Harganya pun bervariasi tergantung kondisi kendaraan, tahun pembuatan, hingga kelengkapan surat-surat.

Misal, untuk Toyota Sienta 1.5 V AT tahun 2016 dibanderol Rp 158 juta, sementara untuk Sienta 1.5 Q AT lansiran 2021 dijual Rp 203 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau