Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Bus Double Decker Sleeper Milik PO Juragan 99 Trans

Kompas.com - 05/09/2024, 15:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Juragan 99 Trans sudah resmi mengoperasikan bus double decker dengan kabin sleeper sepenuhnya. Bahkan baru ini mendapat rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri), jadi operator pertama yang menggunakannya.

Secara bodi, PO Juragan 99 Trans mengandalkan buatan Karoseri Adiputro tapi dengan permintaan khusus. Bodi Jetbus 5 Super Double Decker (SDD) yang biasa tapi dibikin Dream Coach (DC), alias bagian dalamnya penuh bangku sleeper.

Lihat dari luar, bodi Jetbus 5 SDD DC punya tinggi seperti bus tingkat, sekitar 4 meter. Tapi dilihat dari kaca samping, ada perbedaan dengan Jetbus SDD umumnya, yakni kacanya berdempet.

Baca juga: Penyebab Pedal Kopling Mobil Manual Keras Saat Diinjak

Bus tingkat sleeper PO Juragan 99 Trans Kompas.com/Fathan Bus tingkat sleeper PO Juragan 99 Trans

Kaca ini jadi ciri khas bus Dream Coach mengingat kabinnya yang penuh bangku sleeper dan ditumpuk. Cuma karena pakai basis bus tingkat, bagasinya jadi lebih lega, jadi bisa bawa lebih banyak barang.

Masuk ke kabin Jetbus 5 SDD DC PO Juragan Trans bisa lewat pintu yang ada di tengah. Tangganya memang cukup tinggi dan ada toilet serta jadi smoking area saat bus jalan.

Terdapat 24 bangku sleeper di kabin bus PO Juragan 99 Trans. Sebanyak 22 buat kelas sleeper bertumpuk dan ada dua di kanan kiri paling depan untuk First Class.

Baca juga: PO Juragan 99 Trans Berniat Bakal Terus Buat Rekor Baru

Bus tingkat sleeper PO Juragan 99 Trans Kompas.com/Fathan Bus tingkat sleeper PO Juragan 99 Trans

Bedanya, First Class berada di dua bangku pertama, jadi bisa menikmati pandangan lewat kaca di depan. Kabin sleeper-nya juga lebih lega, serta model bangkunya lebar.

Kalau yang sleeper, modelnya seperti Dream Coach, bangku sleeper yang disusun bertumpuk. Cuma memang tidak ada kaca di depan, digantikan dengan TV yang terhubung ke internet.

Buat fasilitas sebenarnya lebih kurang sama, First Class juga dapat TV tapi bisa dilipat ke atas. Jadi bisa pilih mau lihat pemandangan ke depan atau menyaksikan TV internet selama perjalanan.

Bus tingkat sleeper PO Juragan 99 Trans Kompas.com/Fathan Bus tingkat sleeper PO Juragan 99 Trans

Bangkunya bisa dirubah secara elektronis dan ada fitur getar seperti dipijat. Colokan USB juga ada tiga, lampu baca, meja lipat, sampai sandaran tangan.

Fitur lain yang ada di bus tingkat sleeper PO Juragan 99 Trans ada toilet yang bisa dipakai buat buang air besar. Selain itu juga ada dispenser buat menyeduh minuman kemasan selama perjalanan.

Soal sasis, Jetbus 5 SDD DC memakai model tronton terbaru dari Volvo, yakni B11R Euro5. Tenaga yang dihasilkan tembus 450 TK dan torsi 2.150 Nm.

Buat tiket perjalanan dari Pondok Pinang sampai ke Malang, tarifnya mulai Rp 620.000 sampai yang paling mahal (First Class) Rp 670.000. Sudah termasuk servis makan yang bisa pilih sendiri menunya di Rest Area Rosin Subang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau