Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Respons Mitsubishi Fuso Soal NJKB eCanter yang Tembus Rp 974 Juta

Kompas.com - 03/09/2024, 15:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga resmi dari Mitsubishi Fuso eCanter memang tidak diberitahu secara langsung. Cuma, Kompas.com sudah menemukan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) dari truk listrik tersebut.

Berdasarkan data NJKB yang bisa dilihat di laman samsat-pkb.jakarta.go.id, NJKB dari eCanter adalah Rp 974 juta. Kalau dibandingkan dengan Canter FE71 atau FE73, NJKB-nya lebih besar sampai empat kali lipat.

Menanggapi hal tersebut, Aji Jaya, Director of Sales & Marketing PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mengatakan, kalau dibandingkan memang perbedaan harga eCanter dengan Canter bahkan Fighter memang cukup signifikan.

Baca juga: Terungkap NJKB Mitsubishi Fuso eCanter, Empat Kali Lipat Canter Biasa

eCanter di booth Mitsubishi Fuso di GIIAS 2024KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI eCanter di booth Mitsubishi Fuso di GIIAS 2024

"Karena EV seperti eCanter dilengkapi dengan teknologi yang lebih canggih dan spesifikasi yang berbeda dibandingkan kendaraan konvensional," kata Aji kepada Kompas.com, Selasa (3/9/2024).

Memang kalau dibandingkan dengan Canter biasa, eCanter memiliki fitur keselamatan seperti Lane Departure Warning dan Electronic Stability Program. Selain itu juga ada electric parking brake, kamera mundur, sampai lampu yang sudah LED semua.

"Kendaraan listrik juga merupakan inovasi terbaru saat ini, jadi dibutuhkan studi lapangan, kesiapan infrastruktur, dan dukungan ekosistem," kata Aji.

Baca juga: MPV Pintu Geser Bekas September 2024, Gran Max mulai Rp 67 Jutaan


Buat pengusaha yang tertarik, Fuso juga menyiapkan berbagai cara supaya eCanter mudah diserap oleh pasar. Makanya akan ada paket yang berbeda skemanya, disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

"Konsumen eCanter juga diuntungkan dengan biaya perawatan dan operasional yang lebih rendah. Sehingga bisa menurunkan biaya operasional sebesar kurang lebih 40 persen," kata Aji.

Fuso eCanter yang dijual di Indonesia pakai baterai M atau 83 kWh. Daya jelajahnya mencapai 140 Km dengan daya muat sampai tiga ton. Lama pengecasan 11 jam - 12 jam kalau pakai normal charging dan lebih kurang tiga jam kalau fast charging (25 kW).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau