Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulas Fasilitas Kotak Aman Milik Bus Tingkat Rosalia Indah

Kompas.com - 31/08/2024, 08:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Awal 2024 perusahaan otobus (PO) Rosalia Indah menawarkan fasilitas baru untuk menunjang keamanan barang penumpang selama perjalanan. Fasilitas ini sempat tersebar di media sosial.

Namanya, Kari yang merupakan singkatan dari kotak aman Rosalia Indah. Wujudnya, kotak hitam, berfungsi seperti berangkas untuk penyimpanan barang berharga penumpang supaya aman selama perjalanan. 

Adimas Rosdian, Direktur PT Rosalia Indah Transport mengatakan, fasilitas ini baru percobaan dan belum resmi dilengkapi pada semua bus PO Rosalia Indah.  

Alasan ini kemudian menjawab mengapa muncul banyak pertanyaan, salah satunya karena relatif jarang terlihat oleh penumpang. 

Baca juga: Bagnaia Sebut MotoGP Aragon 2024 Bakal Jadi Persaingan Ducati

Ketika Kompas.com menjajal salah satu bus tingkat PO Rosalia Indah dengan nomor lambung 130, ternyata menemukan Kari di depan kabin. Tepatnya di ruangan khusus kru bus, dekat kursi pengemudi dan pramugari. 

Bus Double Decker PO Rosalia Indah dengan bodi Legacy SR3 KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bus Double Decker PO Rosalia Indah dengan bodi Legacy SR3

Yofie Aganovic, Asisten Menager Pemasaran PO Rosalia Indah mengatakan, fasilitas ini ada untuk penumpang lebih nyaman dan aman selama perjalanan. 

"Kari ini bisa digunakan untuk titip ponsel, laptop, tablet atau barang beharga lainnya untuk di titip ke kru bus sehingga selama perjalanan bisa lebih aman," katanya kepada Kompas.com, Jumat (30/8/2024).

Baca juga: Mengenal Perbedaan Sistem Penggerak FWD, RWD, dan AWD pada Mobil

Fasilitas ini sangat berguna bagi penumpang yang sedang bepergian menggunakan bus sendirian. Sehingga saat akan tidur bisa minitipkan barang berharga ke fasilitas Kari dengan menghubungi awak bus.

Boks hitam tersebut akan dijaga oleh awak bus yang bertugas. Serta dilengkapi dengan kunci yang hanya bisa dibuka dan tutup oleh awak bus. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau