Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Perbedaan Sistem Penggerak FWD, RWD, dan AWD pada Mobil

Kompas.com - 30/08/2024, 18:01 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengemudi mobil sering kali dihadapkan pada pilihan tipe penggerak roda saat memilih kendaraan. Beberapa sistem penggerak yang umum adalah FWD (Front-Wheel Drive), RWD (Rear-Wheel Drive), dan AWD (All-Wheel Drive).

Masing-masing tipe penggerak ini memiliki karakteristik dan keunggulan tersendiri yang memengaruhi pengalaman berkendara, performa, dan efisiensi bahan bakar.

Pemahaman akan perbedaan ini sangat penting bagi konsumen yang ingin memastikan mobil yang dibeli sesuai dengan kebutuhan dan kondisi berkendara.

Menurut Lung Lung, pemilik bengkel spesialis otomotif Dokter Mobil, pemilihan sistem penggerak roda harus disesuaikan dengan kebutuhan pengemudi dan medan yang sering dilalui.

Baca juga: Mau Ganti Head Unit Mobil, Harga Mulai Rp 900.000

"Secara hemat-hematan, FWD yang menang. Mobil ini cocok buat untuk dikendarai di perkotaan. RWD, di sisi lain, lebih memberikan sensasi berkendara sporty, terutama pada mobil-mobil dengan tenaga besar," kata Lung Lung kepada Kompas.com, Jumat (30/8/2024).

Lung Lung menjelaskan, bahwa FWD adalah tipe penggerak yang mengandalkan roda depan untuk menggerakkan mobil, membuatnya lebih efisien karena komponen mekanis lebih sedikit dan bobot kendaraan lebih ringan.

Ilustrasi perbedaan FWD, RWD, dan AWD.istimewa Ilustrasi perbedaan FWD, RWD, dan AWD.

"Karena semua komponen penggerak berada di depan, FWD menawarkan pengendalian yang lebih baik pada jalan basah atau licin, namun kurang cocok untuk performa tinggi," jelasnya.

Sebaliknya, RWD memberikan distribusi bobot yang lebih seimbang dan lebih baik dalam akselerasi, terutama pada mobil sport.

"RWD memanfaatkan roda belakang untuk mendorong kendaraan, yang memungkinkan pengemudi merasakan dinamika berkendara yang lebih responsif dan menyenangkan," katanya.

Baca juga: Penyebab Knalpot Bergetar Saat Mesin Mobil Dinyalakan

AWD, menurut Lung Lung, adalah sistem yang paling fleksibel karena menggerakkan semua roda sekaligus.

"AWD memberikan traksi terbaik di berbagai kondisi jalan, seperti di medan bersalju atau berlumpur, membuatnya ideal untuk pengemudi yang sering melintasi medan yang berat," kata Lung Lung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau