Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Koil Pengapian Mobil Rusak Harus Diganti Semua?

Kompas.com - 30/08/2024, 20:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Koil pengapian pada mesin mobil bensin, umumnya berjumlah sama dengan silindernya, yaitu untuk mesin 4 silinder, maka dibutuhkan 4 unit.

Ketika salah satu koil rusak bukan berarti yang lainnya juga ikut rusak. Melainkan, onderdil tersebut dijual satuan di pasaran.

Hanya saja, sebagian orang menganggap, sebaiknya penggantian koil pengapian dilakukan secara langsung yakni kesemuanya atau 4 unit, agar tidak dua kali kerja.

Baca juga: Penyebab Koil Pengapian pada Mobil Konvensional Cepat Rusak


Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan penggantian koil 4 unit sekaligus merupakan pilihan, sebenarnya konsumen boleh saja ganti 1 atau bahkan bagian yang rusaknya saja.

“Tergantung kerusakannya seperti apa, apakah bagian selonsongnya atau memang kepala koilnya, jika kepala koil maka kerusakan ada di dalam, maka perlu diganti satu biji,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Jumat (30/8/2024),

Anggapan penggantian koil pengapian harus 4 unit langsung, menurut Hardi, berangkat dari karakter koil yang bakal rusak berdasarkan usia pemakaian. Keempatnya, secara umum memiliki ketahanan sama.

Baca juga: Jangan Abaikan jika Koil Pengapian pada Mobil Sudah Rusak

Ilustrasi koil pengapian pada mesin ICEHyundai.com Ilustrasi koil pengapian pada mesin ICE

“Kondisi koil hampir sama, misal salah satunya selongsong bocor, maka ada kemungkinan koil lainnya sudah mulai bocor, atau sudah ketahuan ada perubahan warna menjadi bercorak pelangi, tanda sebentar lagi bakal bocor,” ucap Hardi.

Hardi mengatakan, konsumen perlu mempertimbangkan penggantian koil pengapian berdasarkan saran dari bengkel. Biasanya pihak bengkel memberikan pilihan mau ganti semuanya atau beberapa dulu.

“Yang jelas wajib ganti kan bila sudah rusak, sehingga mengganggu performa, nah informasi pada tahapan selanjutnya bukan lagi soal performa tapi juga menyangkut durabilitas, ketahanannya, pertimbangannya daripada bolak-balik ke bengkel,” ucap Hardi.

Baca juga: Masa Pakai Ideal Koil Pengapian pada Mobil

Selongsong koil pengapian terbakar karena usia pemakaianSriyatin Car doc. Selongsong koil pengapian terbakar karena usia pemakaian

Menurut Hardi, penting agar pihak bengkel memberikan informasi sejelas mungkin agar tidak menimbulkan persepsi miring dari konsumen. Dengan demikian, konsumen merasa dilayani dengan baik.

Jadi, penggantian koil pengapian yang rusak bisa dilakukan satu per satu pada bagian yang rusaknya saja. Bahkan, bila hanya selongsongnya yang bocor, konsumen tak perlu mengganti koil utuh 1 unit, melainkan selongsongnya saja sudah cukup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau