Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus PO 168 Trans Unik, Tanpa Toilet dan Penuh CCTV

Kompas.com - 27/08/2024, 08:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PO 168 Trans bisa dibilang jadi pendatang baru di layanan bus AKAP dengan unit yang mewah dan modern. Tapi uniknya, bus-bus dengan jurusan Pemalang dan sekitarnya ini tidak memiliki toilet di kabin.

Padahal, toilet biasanya jadi salah satu fasilitas mewah di bus. Apalagi buat bus AKAP, adanya toilet di kabin bisa mengurangi waktu berhenti bus saat ada penumpang yang mau buang air.

Kurnia Lesani Adnan, salah satu penggawa PO 168 Trans mengatakan, tidak adanya toilet di kabin ada alasannya, mengingat perjalanannya yang tidak terlalu panjang.

Baca juga: PO Budiman Rilis 3 Medium Bus Baru Pakai Bodi Jetbus 5

Bus PO 168 Trans yang mengisi trayek Jakarta ke Pemalang dan sekitarnyaPO 168 TRANS Bus PO 168 Trans yang mengisi trayek Jakarta ke Pemalang dan sekitarnya

"Semua bus tidak dilengkapi toilet mengingat operasional bus hanya enam jam perjalanan. Lalu pada tiga jam pertama, bus istirahat di rumah makan, maka kami merasa bus tidak perlu dilengkapi toilet," kata pria yang akrab disapa Sani kepada Kompas.com, Senin (27/8/2024).

Tidak adanya toilet bikin kabin bisa diisi bangku, jadi bisa muat penumpang lebih banyak. Selain itu juga tidak usah khawatir dengan bau kurang sedap dari toilet di kabin bus.

Walau tanpa toilet, PO 168 Trans melengkapi busnya dengan dashcam dan CCTV di beberapa titik. Jadi bus bisa dipantau kalau terjadi hal yang tidak diinginkan, baik dari luar bus seperti pelemparan batu atau di kabin bus selama perjalanan.

Baca juga: Desain Eksterior Nissan Serena e-Power, Mirip Model Lama?


"CCTV juga ditempatkan di bagasi barang, untuk mengawasi barang bawaan penumpang. Jadi tidak tertukar atau tertinggal, dapat dipastikan keamanannya," kata Sani.

Bus PO 168 Trans mengisi trayek dari Jakarta ke Pemalang dan sekitarnya. Tersedia unit single deck dengan bangku 2-2 dan double decker yang punya tiga layanan yakni sleeper, 2-2 leg rest dan 2-2 non leg rest.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau