Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Mengemudikan Mobil Matik Pakai Dua Kaki Bisa Bikin Celaka

Kompas.com - 24/08/2024, 17:21 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Mobil dengan transmisi matik hanya terdapat dua pedal, yakni gas dan rem, sehingga hanya membutuhkan kaki kanan untuk menginjaknya secara bergantian.

Berbeda dengan mobil manual yang membutuhkan dua kaki, sebelah kanan untuk injak pedal gas dan rem secara bergantian, sementara kaki kiri untuk menginjak kopling.

Meski begitu, tidak jarang ditemui pengemudi mobil matik yang juga menggunakan dua kaki, kanan injak gas dan kiri untuk rem. Padahal kebiasaan ini tidak boleh dilakukan dan berbahaya.

Baca juga: Cermati Hal Ini Sebelum Beli Mobil Niaga Bekas

Desain pedal gas dan rem BYD M6Dok Ratih Desain pedal gas dan rem BYD M6

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan, menginjak rem dengan kaki kiri pada mobil matik bisa menyebabkan kecelakaan.

"Bahaya, risikonya adalah hard brake akibat tekanan pedal rem mendadak. Mobil belakang tidak sigap dan akhirnya tabrakan beruntun tidak terhindarkan," kata Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Sementara, Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC) mengatakan, mengemudikan mobil matik cukup dengan kaki kanan saja yang hanya bekerja untuk mengontrol rem dan gas.

Baca juga: Jualan Motor Listrik Yamaha Bakal Pakai Honda EM1 e:


“Ini bertujuan agar lebih aman, karena bila pakai dua kaki, maka ada kemungkinan saat mengerem kaki kanan masih injak pedal gas,” kata Marcell.

Dia juga mengatakan, jika kaki kiri sudah memiliki kebiasaan untuk menginjak dengan cepat seperti menginjak kopling, maka berbahaya bila kaki kiri di rem.

“Bisa saja kita menginjak pedal rem seperti kita menginjak pedal kopling, sehingga menyebabkan mobil berhenti mendadak dan mengalami tabrak belakang,” kata Marcell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau