Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Penyebab Mobil Lebih Boros BBM Saat Jalan Macet

Kompas.com - 24/08/2024, 16:22 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Perhitungan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) pada suatu mobil mengacu pada berapa banyak BBM yang habis dan mampu menempuh jarak seberapa jauh. Umumnya, satuan yang digunakan kilometer per liter (Kpl).

Secara rasional, kondisi lalu lintas yang macet akan membuat mobil menempuh jarak lebih pendek, sementara jumlah bahan bakar terus berkurang seiring waktu pemakaian.

Terlepas dari itu, ada faktor lain yang membuat konsumsi BBM suatu mobil menjadi lebih boros saat kondisi jalan macet. Simak penjelasan ahli berikut!

Baca juga: Kata ESDM, Motor Listrik Konversi Lebih Hemat Dibanding Beli BBM


Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan sudah menjadi pengetahuan umum bahwa lalu lintas yang macet dapat menyebabkan konsumsi BBM suatu kendaraan menjadi lebih boros.

“Selain jarak tempuh lebih pendek dengan BBM terus berkurang, kondisi jalan yang macet berpotensi membuat mobil tak bisa melaju konstan, akan lebih sering ngerem dan ngegas,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Jumat (23/8/2024).

Hardi mengatakan, untuk mengubah laju mobil dari berhenti menjadi melaju membutuhkan tenaga besar, sehingga butuh BBM yang lebih banyak juga.

Baca juga: Kualitas BBM Jadi Salah Satu Faktor Otomotif Harus Geser ke EV

Salah satu SPBU di Kota Batu, Jawa Timur yang berdekatan dengan Kota Malang.KOMPAS.com/ Nugraha Perdana Salah satu SPBU di Kota Batu, Jawa Timur yang berdekatan dengan Kota Malang.

“Berbeda antara mendorong mobil yang sudah melaju, dan kondisi berhenti total, tentu mobil berhenti lebih berat, sementara lalu lintas macet akan membuat mobil sering berhenti,” ucap Hardi.

Begitu juga saat mobil sudah melaju, menurut Hardi, seharusnya mobil bisa memanfaatkan momentum. Sehingga, setiap BBM yang sudah terbakar bisa terkonversi menjadi jarak tempuh.

“Bila lalu lintas macet kan tidak bisa (melaju konstan), baru jalan dikit harus segera mengerem lagi, (tak bisa memanfaatkan gaya dorong) ini yang menjadikan BBM boros saat lalu lintas macet,” ucap Hardi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau