Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda Oli Transmisi Mobil Matik Sudah Minta Diganti

Kompas.com - 23/08/2024, 10:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Oli transmisi pada mobil matik memiliki peran penting sebagai fluida pentransfer tenaga. Putaran dari mesin akan diteruskan ke gearbox untuk ditentukan rasionya menjadi gaya putar pada masing-masing roda penggerak.

Melihat perannya yang krusial, oli transmisi wajib diperhatikan kualitasnya secara teratur. Sehingga, ketika kualitasnya sudah buruk sebaiknya segera diganti.

Elin Estanto, Pemilik GK Auto Service Gunung Kidul mengatakan tanda oli transmisi matik sudah jelek atau sudah waktunya ganti bisa mengikuti acuan jarak tempuh atau memeriksanya secara langsung.

Baca juga: Jangan Salah Isi Oli Transmisi Matik CVT, Bisa Fatal Akibatnya


“Jarak tempuh sudah sampai 40.000 Km, itu maksimal interval penggantian oli transmisi matik, bisa juga memeriksa kualitasnya secara langsung lewat dipstick atau dengan adanya penurunan performa,” ucap Elin kepada Kompas.com, Kamis (22/8/2024).

Elin mengatakan oli transmisi yang sudah jelek tidak akan mampu bekerja dengan optimal dalam mentransfer tenaga, sehingga akan menyebabkan beberapa penurunan performa.

“Misal, mobil tidak langsung jalan saat tuas matik sudah di D atau R, bisa tenaga menjadi berat, putaran mesin tinggi tapi kecepatan mobil tidak naik secara signifikan dan sebagainya,” ucap Elin.

Baca juga: Jangan Sepelekan Tetesan Oli Transmisi Mobil Matik di Lantai Garasi!

Toyota Hilux Rangga transmisi otomatisKompas.com/Nanda Toyota Hilux Rangga transmisi otomatis

Selain dari performa kualitas oli transmisi matik juga bisa diperiksa secara visual lewat dipstick, yakni dengan memperhatikan warna, tekstur dan aromanya.

“Bila warna oli matik sudah gelap, itu menandakan tingginya kandungan kontaminan, yakni berupa serbuk logam sangat halus sisa dari gaya gesek antar komponen, bisa muncul aroma gosong pada oli juga,” ucap Elin.

Nah, itu tadi tanda-tanda oli transmisi matik sudah minta diganti, yakni bisa berupa munculnya gejala penurunan performa, perubahan bau dan warna oli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau