Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perawatan Mobil Hybrid, Mirip dengan Mobil Konvensional

Kompas.com - 23/08/2024, 09:22 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meningkatnya minat masyarakat terhadap kendaraan hemat bahan bakar menjadikan mobil hybrid pilihan utama bagi konsumen yang peduli pada efisiensi dan emisi rendah.

Namun, kekhawatiran mengenai perawatan teknologi baru ini sering kali menjadi pertimbangan bagi calon pembeli.

Menanggapi hal tersebut, Harold Donnel, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), menjelaskan bahwa perawatan mobil hybrid Suzuki tidak berbeda signifikan dari model mobil konvensional.

Baca juga: [POPULER OTOMOTIF] Ada Demo di Sekitar Gedung DPR-MPR, Ini Jalur Alternatif yang Bisa Dilalui | Jajal Perdana Mobil Hybrid Honda Step WGN | Geely Kembali ke Indonesia, Pakai Nama Aletra

"Khusus mobil hybrid Suzuki, tidak ada perbedaan signifikan dalam hal perawatannya jika dibandingkan model ICE Suzuki lainnya. Cukup melakukan perawatan sesuai buku pedoman kepemilikan dan mempercayakan kepada jaringan Bengkel Resmi Suzuki," ujar Harold dalam wawancara dengan Kompas.com pada Kamis (23/8/2024).

Harold juga menambahkan bahwa setiap model hybrid Suzuki telah dilengkapi dengan garansi 8 tahun untuk baterai lithium-ion.

Daihatsu Rocky Hybrid di GIIAS 2024Kompas.com/Donny Daihatsu Rocky Hybrid di GIIAS 2024

Edo, Vice Director Aftersales di MG Motor Indonesia, menekankan bahwa perawatan mobil relatif sama dengan perawatan mobil konvensional.

"Yaitu dengan mengikuti jadwal perawatan rutin kendaraan untuk melakukan penggantian oli dan komponen yang bersifat tear and wear, yakni komponen yang habis karena usia atau pemakaian," kata Edo kepada Kompas.com.

Baca juga: PO Gunung Mulia Rilis Bus Anyar Pakai Bodi Legacy SR3 HD Prime

Namun, Edo mengingatkan jika mobil akan tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya pemilik mobil menemui dan konsultasi dengan dealer mengenai tindakan yang harus dilakukan sesuai rekomendasi pabrikan kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau