Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap CKD Mobil Listrik di Indonesia, Citroen Tunggu Izin Pemerintah

Kompas.com - 23/08/2024, 09:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indomobil National Distributor, Agen Pemegang Merk (APM) Citroen di Indonesia, telah memulai uji coba produksi mobil listriknya, yakni E-C3 All Electric, secara lokal.

Langkah yang dilakukan Citroen Indonesia ini menjadi bagian dari salah satu bentuk komitmen, baik kepada pemerintah serta konsumen di Tanah Air.

Meski demikian, tahapan produksi lokal untuk versi yang akan dijual secara massal, masih belum dimulai lantaran menunggu beberapa izin dari pemerintah.

Baca juga: Eropa Naikkan Tarif Impor Tesla Produksi China, Pemerintah China Ngamuk

Tan Kim Piauw, Chief Executive Officer PT Indomobil National Distributor mengatakan, uji coba produksi terhadap E-C3 All Electric di Purwakarta, Jawa Barat, telah berlangsung dari Juli 2024.

Citroen E-C3 Edition Le Sportif di GIIAS 2024Kompas.com/Donny Citroen E-C3 Edition Le Sportif di GIIAS 2024

"Kami sudah beberapa kali trial, pertama itu di Juli. Karena ini produksi lokal, jadi kami juga harus berhati-hati. Sekarang ini kami hanya tinggal menunggu beberapa izin dari pemerintah saja," katanya kepada media di Jakarta, Kamis (22/8/2024).

Lebih lanjut, dia menjelaskan, bila nanti sudah mendapatkan semua dokumen terkait perizinan untuk dari pemerintah, maka versi produksi massal baru akan dimulai.

Terkait soal produk Citroen apa saja yang bakal produksi secara CKD, Tan Kim Piauw menyatakan, untuk saat ini konsentrasinya baru untuk model listrik saja.

"Produksi lokal kita baru untuk Citroen E-C3 yang memang ikut program pemerintah. Karena ikut dalam program tersebut untuk mendapatkan insentif, memang dokumentasinya harus rapi dan ini yang sedang kita kejar. Target kami sudah bisa keluar di September ini," ucap Tan Kim Piawu.

Baca juga: Ini Tantangan Leasing Saat Pembiayaan Mobil Listrik

Menurutnya, bila pada September izin produksi sudah keluar, lalu didukung dengan produkyang memungkinkan, maka pada September atau Oktober versi CKD E-C3 sudah bisa dipasarkan.

Test drive Citroen E-C3Dok. Citroen Indonesia Test drive Citroen E-C3

Adapun langkah produksi di dalam negeri untuk mobil listrik Citroen merupakan hasil kerja sama antara PT Indomobil National Distributor, Stellantis, dan PT Nasional Assemblers yang merupakan perusahaan perakitan di bawah naungan Indomobil Group di Purwakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau