Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang HUT Ke-79 RI, Jalan Tol IKN Dibuka Fungsional

Kompas.com - 16/08/2024, 08:22 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjelang upacara peringatan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) memastikan kesiapan sejumlah proyeknya untuk mendukung perhelatan akbar tersebut.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Adjib Al Hakim mengatakan, untuk mendukung suksesnya perhelatan akbar tersebut, Hutama Karya mengfungsionalkan 6 proyeknya.

Salah satunya adalah Jalan Tol IKN Segmen 3A Karangjoang-KKT Kariangau dengan progres proyek mencapai 82 persen.

Baca juga: Hitung Skema Kredit Honda All New BeAT Street, Angsuran mulai Rp 500.000

Jalan Tol IKN Segmen 5A Sp Tempadung-Jembatan Pulau BalangWSKT Jalan Tol IKN Segmen 5A Sp Tempadung-Jembatan Pulau Balang

Untuk Jalan Tol IKN Segmen 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 9,965 km telah dibuka secara fungsional dan terbatas sejak (10/8/2024) lalu.

Adjib menjelaskan, untuk memastikan fungsional tol ini berjalan dengan lancar, pihaknya telah menerapkan sejumlah strategi utamanya menghadapi kondisi cuaca yang tidak menentu.

Di antaranya dengan monitoring dan evaluasi rutin, pengaspalan dan perapihan berkala di lokasi akses fungsional, serta koordinasi dengan pihak terkait secara berkala.

Baca juga: Harga Baterai Mobil Listrik Bakal Makin Murah

“Kami juga memberikan jaminan mutu kualitas terbaik dan memperhatikan aspek kelestarian lingkungan serta K3 di lapangan,” ujar Adjib, dalam keterangan tertulis (15/8/2024).

Untuk diketahui, Jalan Tol IKN Segmen 3A Karangjoang-KKT Kariangau merupakan salah satu proyek garapan Hutama Karya melalui Kerja Sama Operasi (KSO) dengan Adhi Karya dan Brantas Abipraya (KSO HK-Adhi-Brantas).

Lebih lanjut Adjib menyampaikan, proyek tersebut difungsionalkan untuk mendukung kegiatan Upacara HUT RI ke-79 di IKN.

Baca juga: Seal Jadi Produk Terlaris BYD di Indonesia, Ini Alasannya

Jalan Tol IKN yang menghubungkan Kota Balikpapan dan KIPP Ibu Kota NusantaraKOMPAS.com/HILDA B ALEXANDER Jalan Tol IKN yang menghubungkan Kota Balikpapan dan KIPP Ibu Kota Nusantara

Jalan tol ini menjadi akses utama perjalanan bagi pejabat negara, peserta upacara, serta distribusi logistik dari Balikpapan menuju ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Waktu tempuhnya selama 90 menit, lebih cepat 30 menit dibandingkan melalui akses Samboja yang diperkirakan menempuh waktu perjalanan selama 120 menit.

Tol ini juga menjadi akses utama kirab Bendera Duplikat Merah Putih dan Teks Proklamasi dari Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan ke Istana Negara Ibukota Nusantara pada Sabtu (10/8/2024) lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau