Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vespa Klasik Jadi Motor Paling Sulit Dicat Ulang

Kompas.com - 12/08/2024, 14:32 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi pemilik Vespa klasik yang mau bikin tampilannya lebih segar, cat ulang atau repaint bisa jadi solusinya. Cuma sebenarnya, mengecat Vespa klasik lebih merepotkan daripada Vespa modern atau motor baru lainnya.

Junistian Farhan, pemilik bengkel cat Square Project di Jagakarsa, Jakarta Selatan mengatakan, mengecat ulang Vespa klasik jadi motor paling sulit, beda dengan yang baru.

"Kalau Vespa baru, masih ada beberapa part dari plastik, batok misalnya. Kalau yang klasik, kebanyakan kan pelat," kata Junis kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Harga Vespa Memang Mahal dari Dulu

Vespa klasik terparkir di garasi Syandana Garage SoloArif Nugrahadi Vespa klasik terparkir di garasi Syandana Garage Solo

Sebenarnya paling sulit itu bukan soal cara mengecatnya, tapi persiapan yang panjang sebelum naik ke ruang cat. Pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bodi Vespa lurus dari bagian depan sampai belakang.

"Paling sulit, perlu lihat lagi dari sepatbor depan sampai belakang, dia center (lurus) apa enggak. Itu butuh proses dan keahlian khusus," kata Junis.

Lalu, namanya sudah dimakan usia, tentu ada bagian dari bodi Vespa yang sudah keropos, seperti di dek atau bagian dalam tepong. Maka sebelum dicat, harus dilas, dipotong, ganti dengan pelat baru, itu memakan waktu.

Baca juga: Video Bocah Naik Sepeda Listrik Tabrak Pagar Rumah dan Mobil


"Belum selesai sampai situ, kita harus liat nat (sambungan pelat besi). Seperti di dek injak, ke batok, ada nat list, dari tepong kanan kiri ada tulangan. Kita tidak bisa sembarangan, kalau hasilnya mau maksimal, apalagi kalau back to OEM," ucap Junis.

Kalau persiapan sudah rampung, maka Vespa klasik siap untuk dicat. Proses pengecatannya sama saja dengan motor modern, tapi persiapannya itu yang memakan waktu lebih panjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau