Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

KILAS

Punya Banyak Fitur Unggulan, Ini Pentingnya Pengusaha Bengkel Manfaatkan Aplikasi CMMS

Kompas.com - 06/08/2024, 17:01 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengelolaan bengkel mobil membutuhkan pendekatan efisien dan terintegrasi seiring dengan industri otomotif yang semakin berkembang. Hal ini diperlukan untuk memastikan semua aspek operasional berjalan lancar.

Salah satu solusi untuk mencapai hal tersebut adalah menggunakan aplikasi Computerized Maintenance Management System (CMMS), seperti TechThink Hub Indonesia.

Sebagai informasi, TechThink Hub Indonesia memiliki Aplikasi Bengkel mobil CMMS untuk membantu bengkel dalam mengelola perawatan kendaraan. Memanfaatkan aplikasi ini, pengusaha bengkel dapat meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi downtime, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Baca juga: Wanita Pertama Kali ke Bengkel Mobil, Kagum Ternyata Bersih dan Nyaman

Lalu apa saja manfaat penggunaan aplikasi bengkel CMMS dari TechThink Hub Indonesia? Simak ulasan berikut.

1. Efisiensi operasional

Aplikasi bengkel memungkinkan pengelolaan jadwal perawatan kendaraan secara otomatis. Dengan fitur ini, teknisi dapat mengatur jadwal perawatan rutin dan mengingatkan pemilik kendaraan tentang perawatan yang akan datang.

Hal tersebut untuk memastikan setiap kendaraan mendapatkan perawatan tepat waktu. Selain mengurangi risiko kerusakan, fitur ini juga dapat meningkatkan umur dan keandalan kendaraan.

2. Pengelolaan inventaris lebih baik

Manajemen inventaris menjadi salah satu tantangan besar dalam operasional bengkel. Aplikasi Bengkel CMMS dapat membantu teknisi melacak suku cadang dan bahan habis pakai secara real-time.

Dengan fitur pengelolaan inventaris, bengkel dapat memastikan suku cadang selalu tersedia saat dibutuhkan, mengurangi waktu tunggu, dan meningkatkan produktivitas.

3. Dokumentasi dan pelaporan yang akurat

Aplikasi Bengkel CMMS memungkinkan dokumentasi yang tepat dan terstruktur dari setiap pekerjaan yang dilakukan. Pasalnya, setiap perawatan dan perbaikan dicatat dengan detail, mulai dari suku cadang, waktu yang dihabiskan, dan teknisi yang bertanggung jawab.

Baca juga: Arus Mudik, Bengkel Mobil di Jakarta Timur Kebanjiran Pelanggan sampai 40 Persen

Laporan tersebut sangat berguna untuk analisis kinerja, perencanaan anggaran, dan memastikan kepatuhan terhadap standar industri.

4. Meningkatan kepuasan pelanggan

Aplikasi CMMS memiliki berbagai fitur canggih, seperti notifikasi otomatis tentang jadwal perawatan, laporan kondisi kendaraan setelah servis, dan estimasi biaya yang transparan.

Baca juga: Ketahui Perbedaan Tune Up dan Servis Rutin di Bengkel Mobil

Dengan berbagai fitur tersebut, bengkel dapat memberikan layanan yang lebih cepat dan lebih akurat kepada pelanggan. Hal ini dapat membuat pelanggan merasa dihargai dan lebih percaya pada layanan bengkel.

Seperti diketahui, tingginya kepuasan pelanggan akan meningkatkan loyalitas dan mengundang lebih banyak bisnis melalui rekomendasi.

5. Reduksi downtime

Downtime atau waktu tidak produktif dapat berdampak negatif pada bisnis bengkel. Aplikasi bengkel mobil online membantu meminimalkan downtime dengan menjadwalkan perawatan preventif dan mendeteksi potensi masalah sebelum menjadi kerusakan besar.

Dengan demikian, kendaraan dapat tetap beroperasi dengan efisien dan bengkel dapat menghindari kehilangan pendapatan akibat perbaikan yang tidak terencana.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau