Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Lengkap Yamaha NMAX Neo, Ulas Desain sampai Biaya Kepemilikan

Kompas.com - 04/08/2024, 09:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - NMAX generasi terbaru bukan cuma hadir dalam versi Turbo, tapi ada juga yang paling rendah yakni Neo. Modelnya hampir sama, cuma perbedaan signifikan ada di transmisi dan harganya.

NMAX Neo masih memakai CVT biasa, sedangkan yang Turbo, pakai Yamaha Electric Continous Variable Transmission (YECVT). Selisih harganya pun cukup jauh, Neo di Rp 32,7 juta sedangkan Turbo paling murah di Rp 37,75 juta.

Pada tulisan kali ini, Kompas.com menguji NMAX Neo, varian yang paling murah dari desain, spesifikasi, rasa berkendara, sampai biaya perawatannya.

Secara keseluruhan, NMAX Neo tetap bisa jadi opsi buat yang berminat punya NMAX tapi tidak dengan teknologi Turbo.

Baca juga: Cerita Konsumen Yamaha Nmax Turbo Bingung Pakai Fitur Baru


Desain NMAX Neo

NMAX Neo mengalami ubahan signifikan dari bagian bodinya. Semua berubah dari depan, samping, belakang, paling tinggal ban sampai spion yang sama bentuknya dari NMAX generasi kedua.

Misal di bagian depan, NMAX Neo jadi tampil lebih agresif dengan model bodi dan lampu baru.

Sekarang lampu sein sudah tidak terpisah lagi posisinya dengan lampu utama, jadi menempel, sudah LED dan ada lampu tembak di atasnya, keduanya sudah proyektor.

Kalau lihat dari samping, proporsi bodinya masih mirip dengan yang lama. Cuma di NMAX baru, bodi belakang lebih lebar, memberi kesan kekar dan agresif.

Baca juga: Hasil Klasemen Usai Sprint Race GP Inggris 2024, Martin Tempel Bagnaia

Yamaha NMAX Neo Kompas.com/Adityo Yamaha NMAX Neo

Sedangkan ke bagian belakang, lampunya sudah LED semua tapi bentuknya jadi lebih kecil. Belum lagi sekarang modelnya terpisah-pisah, lampu rem saja ada sisi kanan dan kiri, begitu juga yang sein.

Pada bagian klaster instrumen, masih menggunakan model full LED yang lengkap informasinya. Baru di NMAX Turbo TechMax yang dapat speedometer bertumpuk, seperti yang terpasang ke XMAX.

Secara tampilan, NMAX Neo bisa jadi pilihan buat yang mau beli NMAX baru tapi tanpa YECVT dan dengan harga lebih murah. Tersedia empat pilihan warna, Hitam, Merah, Dull Blue, dan Putih.

Yamaha NMAX Neo Kompas.com/Adityo Yamaha NMAX Neo

Spesifikasi dan Fitur NMAX Neo

NMAX Neo punya panjang 1.935mm, lebar 740mm, dan tinggi 1.200 mm. Kalau dibandingkan dengan yang lama, cuma lebih tinggi sedikit, panjang dan lebarnya sama.

Buat jarak sumbu roda atau wheelbase, NMAX Neo punya panjang 1.340mm. Ground clearance atau jarak terendah ke tanah 125mm, tinggi tempat duduk 770mm.

Bobotnya sekarang jadi 135 Kg dalam kondisi terisi. Tangki BBM juga besar, 7,1 liter, masih sama dengan NMAX generasi kedua.

Yamaha NMAX Neo SKOMPAS.com/ADITYO Yamaha NMAX Neo S

Kemudian di bagian mesin, NMAX Neo tetap kebagian mesin 155cc VVA Blue Core yang baru. Tenaganya naik, kini tembus 11,3 kW atau setara 15,1 TK di 8.000 RPM dan torsi 14,2 Nm di 6.500 RPM.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau