Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan S-Presso, Suzuki Masih Cari Pengganti Ignis

Kompas.com - 01/08/2024, 16:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyatakan telah menghentikan penjualan mobil kota ukuran ringkas Suzuki Ignis.

Artinya, di segmen mobil kota 5 penumpang, produk Suzuki yang tersedia tinggal S-Presso yang dijual mulai Rp 169,1 juta dan Baleno yang ditawarkan Rp 283,9 juta.

Dengan selisih angka yang cukup besar, Suzuki sebetulnya masih bisa meluncurkan model yang bisa mengisi pasar di rentang harga Rp 200 jutaan.

Baca juga: Jok Recaro Dinyatakan Bangkrut

Suzuki S-Presso di GIIAS 2024KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Suzuki S-Presso di GIIAS 2024

Harold Donnel, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales, mengatakan, pihaknya masih mencari model yang tepat buat menggantikan Ignis yang telah disuntik mati.

Peak-nya Ignis sempat 1.800 unit tahun 2017 bulan Maret-April. (Penjualan S-Presso) Kalau kami sih melihatnya enggak bisa apple to apple setiap produk, karena momentum setiap produk itu berbeda,” ujar Harold di Tangerang (27/7/2024).

“Waktu Ignis meluncur, belum ada kendaraan merek-merek non-Jepang dan Eropa. Jadi momentum sudah berbeda, sekarang konsumen sudah banyak pilihan,” kata dia.

Baca juga: Depresiasi Harga Mobil Listrik Bekas Mencapai 40 Persen

Menurutnya, agak sulit buat S-Presso bisa menembus angka penjualan ribuan tiap bulannya. Apalagi dengan posisi S-Presso yang mengincar pembeli mobil pertama.

“Apakah S-Presso bisa kembali ke angka ribuan, sepertinya tidak, tapi S-Presso bisa kasih opsi lain buat konsumen seandainya mereka cari produk yang benar-benar first car buyer,” ucap Harold.

“Kami sampai dengan sekarang masih cukup senang dengan posisi S-Presso yang sangat bisa diterima masyarakat dengan spesifikasi yang seperti itu. Sekarang penjualan 200-300 unit per bulan,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau