Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komponen Vital Mobil Lawas yang Perlu Perhatian Ekstra

Kompas.com - 01/08/2024, 11:22 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, mesin mobil memerlukan perhatian khusus untuk memastikan kinerjanya tetap optimal. Mesin yang sudah lama beroperasi membutuhkan perawatan ekstra agar tetap andal di jalan.

Meskipun mobil telah menjalani berbagai perjalanan panjang dan singkat, pemilik mobil harus tetap memprioritaskan perawatan rutin agar mesin tidak mengalami penurunan performa yang signifikan.

Sodikin, pengelola bengkel Sejahtera di Palmerah, Jakarta Barat, menjelaskan, terkait pentingnya perawatan berkala agar mobil tetap nyaman saat digunakan.

Baca juga: [POPULER OTOMOTIF] Toyota Luncurkan Starlet Cross | Kesalahan Umum Pengemudi Pemula di Jalan Tol | Suzuki Karimun Pikap Langka Tampil Racing

Mesin mobil yang sudah berusia lebih dari lima tahun, sepuluh tahun atau lebih, sering kali mengalami penurunan performa yang signifikan jika tidak dirawat dengan baik. Pemilik mobil wajib memeriksa dan mengganti oli secara berkala, terus pantau juga kondisi komponen vital seperti sistem pendingin dan pompa bahan bakar,” kata Sodikin kepada Kompas.com, Rabu (31/7/2024).

Sodikin juga menekankan soal beberapa komponen lain yang tak boleh luput dari perhatian.

Kotak filter udara AvanzaTangkapan layar Kotak filter udara Avanza

“Selain itu, perhatikan juga kondisi busi, filter udara, dan sistem transmisi. Komponen-komponen ini dapat mempengaruhi performa dan efisiensi mesin secara keseluruhan,” ujarnya.

Menurutnya, perawatan ini tidak hanya menjaga performa mesin, tetapi juga mencegah kerusakan besar yang dapat mengakibatkan biaya perbaikan yang tinggi.

Baca juga: Ikuti Toyota, Subaru WRX Pakai Bahan Bakar Sintetis buat Balapan

Melalui pemeliharaan yang tepat, mesin mobil dapat terus memberikan performa yang memuaskan dan umur panjang. Selalu prioritaskan pemeriksaan rutin dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli ketika ada tanda-tanda masalah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau