Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masalah dari Kebiasaan Mengisi Bensin Saat Tangki Hampir Kosong

Kompas.com - 01/08/2024, 10:22 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor injeksi semakin menjadi pilihan utama bagi banyak pengendara di Indonesia karena efisiensi bahan bakar dan performanya yang lebih baik dibandingkan motor karburator.

Namun, di balik keunggulannya, ada satu hal penting yang sering kali terlewatkan oleh pemilik motor injeksi, yakni menjaga agar tangki bahan bakar tidak pernah benar-benar kosong.

Motor injeksi menggunakan sistem yang lebih canggih dan sensitif dibandingkan motor karburator. Kehabisan bahan bakar pada motor injeksi tidak hanya membuat motor mogok, tetapi juga dapat merusak komponen-komponen penting dalam sistem bahan bakar, seperti pompa bahan bakar dan injektor.

Baca juga: Ikuti Toyota, Subaru WRX Pakai Bahan Bakar Sintetis buat Balapan

Bagi pengendara yang menggunakan motor injeksi sebaiknya memiliki sensitivitas lebih terhadap motor dengan selalu memantau kapasitas bahan bakar dan segera mengisi saat indikator menunjukkan level yang rendah.

“Jangan biarkan motor injeksi kehabisan bahan bakar karena bisa menyebabkan kerusakan pada pompa bahan bakar,” ujar Wahyu Budi, Technical Center Instructor PT Wahana Makmur Sejati kepada Kompas.com, Rabu (31/7/2024).

Ilustrasi pompa bahan bakar pada motor.kompas.com Ilustrasi pompa bahan bakar pada motor.

Menurutnya, pompa bahan bakar pada motor injeksi bergantung pada bahan bakar untuk menjaga suhu kerjanya. Jika tangki kosong, pompa bisa overheat dan akhirnya rusak.

Wahyu juga menambahkan bahwa mengendarai motor dengan bahan bakar yang hampir habis dapat membuat pompa bahan bakar bekerja lebih keras dan kurang efisien.
“Selain itu, motor yang sering kehabisan bahan bakar juga berisiko mengalami penumpukan kotoran dari dasar tangki ke dalam sistem injeksi, yang bisa menyumbat injektor dan mengurangi kinerja mesin,” ujarnya.

Untuk menghindari masalah ini, Wahyu merekomendasikan agar pengendara motor injeksi mengisi bahan bakar ketika tangki sudah mencapai seperempat dari kapasitas penuh.

Baca juga: Helm Spesial Vinales Buat MotoGP Inggris, Desain Film Top Gun

Langkah ini tidak hanya membantu menjaga komponen motor tetap dalam kondisi baik, tetapi juga menghindari pengendara kehabisan bahan bakar dan harus menderek motornya.

Memantau dan menjaga tangki bahan bakar tetap terisi merupakan langkah penting yang tak boleh diabaikan. Para pemilik motor injeksi dapat menikmati perjalanan yang lebih aman dan lancar. Selalu waspada terhadap level bahan bakar dan lakukan perawatan rutin agar motor injeksi tetap dalam kondisi optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau