Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Benar Perawatan Nissan Serena Bekas Mahal?

Kompas.com - 31/07/2024, 12:22 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Nissan Serena merupakan multi purpose vehicle (MPV) dengan fitur cukup beragam, guna menunjang kenyamanan penumpang. Seperti adanya captain seat, pintu geser otomatis, dan AC double blower.

Meski demikian, harganya cukup terjangkau di pasaran. Berdasarkan pantauan Kompas.com, Rabu (31/7/2024) Serena bekas dibanderol mulai Rp 52 jutaan untuk lansiran 2004.

Salah satu faktor yang mempengaruhi depresiasi harga Serena bekas cukup besar adalah anggapan bahwa biaya perawatannya mahal. Lantas, benarkah demikian?

Baca juga: Harga dan Waktu Inden Nissan Serena e-Power di Yogyakarta


Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan perawatan Serena lawas terbilang sama saja dengan mobil lainnya, yakni penggantian oli secara teratur, pembersihan ruang bakar dan perawatan kaki-kaki.

“Soal biaya perawatan saya kira tidak mahal karena saat ini sudah banyak alternatif spare part aftermarket yang cocok dan kualitasnya tak jauh berbeda dengan yang genuine,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Selasa (30/7/2024).

Hardi mengatakan pemilihan spare part aftermarket bisa menjadi solusi ketika perawatan yang ditawarkan diler resmi terlalu mahal. Konsumen juga bisa mengandalkan bengkel spesialis yang kompeten di bidangnya.

Baca juga: Ini yang Harus Dilakukan Saat Membeli Nissan Serena Bekas

Nissan Serena C24 banyak diburu masyarakat lantaran memiliki beragam fitur modernOTOMOTIF-GROUP Nissan Serena C24 banyak diburu masyarakat lantaran memiliki beragam fitur modern

“Tidak semua spare part aftermarket kualitasnya bagus, banyak juga yang KW, konsumen harus jeli dalam memilih atau bisa minta bantuan tenaga ahli, dengan demikian perawatan Serena bisa lebih murah dengan tanpa mengabaikan kualitasnya,” ucap Hardi.

Jadi, menurut Hardi anggapan perawatan Serena bekas mahal masih melekat di masyarakat namun fakta dilapangan tidak sepenuhnya benar karena saat ini banyak spare part aftermarket dengan kualitas baik sebagai alternatif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau