Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Harus Dilakukan Saat Membeli Nissan Serena Bekas

Kompas.com - 30/07/2024, 12:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Nissan Serena tipe C24 termasuk unit yang banyak dijumpai di jalanan. Mobil ini dipasarkan di Tanah Air sejak 2004 sampai 2013 sebelum akhirnya meluncur generasi terbarunya.

Mobil ini menawarkan kenyamanan kabin khas MPV dengan captain seatnya. Memiliki ruang kabin lega, Serena mampu menampung penumpang sampai 7 orang dengan jok 3 baris.

Mobil ini diandalkan oleh Nissan sampai belasan tahun tak lepas dari dapur pacu yang tidak rewel dan perawatannya mudah.

Baca juga: Tes Nissan Serena e-Power di GIIAS 2024, Hening dan Bertenaga


Rofiq Zunarto, Pemilik Kebat Motor Spesialis Nissan & Datsun Bintaro mengatakan Serena C24 termasuk mobil yang bandel jika dibandingkan dengan generasi selanjutnya.

“Mesin dengan kode MR20 2.000 cc tidak mudah rewel, transmisi awet selama dirawat dengan benar, bila konsumen hendak membelinya perhatikan saja seal-seal di mesin dan sistem pendingin, karena ini termasuk mobil tua,” ucap Rofiq kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Rofiq mengatakan sudah menjadi hal wajar bila mobil tua mengalami rembesan oli di bagian mesin akibat seal yang sudah getas. Sehingga, pada Serena ini perlu juga diperiksa.

Baca juga: Versi Terbaru Meluncur, Simak Harga Nissan Serena di Bursa Mobil Bekas

Nissan Serena C24 banyak diburu masyarakat lantaran memiliki beragam fitur modernOTOMOTIF-GROUP Nissan Serena C24 banyak diburu masyarakat lantaran memiliki beragam fitur modern

Selain itu, kondisi sistem pendingin juga perlu diperhatikan ketika membeli mobil tua karena tidak diketahui pasti apakah komponennya sudah pernah diremajakan atau masih bawaan pabrik.

“Periksa kemampuan motor kipas radiator dan AC apakah masih bisa berputar dua-duanya dengan kencang atau sudah lemah, perhatikan radiator ada rembesan coolant atau tidak,” ucap Rofiq.

Menurut, Rofiq dengan memastikan kondisi oli mesin dan sistem pendingin maka akan memperkecil peluang mendapatkan unit yang minim perawatan dari pemilik sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau