Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Performa Wuling Binguo EV Dipakai Harian

Kompas.com - 30/07/2024, 17:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Binguo EV merupakan mobil listrik dengan desain eksterior yang unik dan interior yang elegan. Soal performa dan efisiensi daya, mobil listrik ini ternyata cukup bisa diandalkan.

Binguo EV memiliki tampilan yang retro pada bagian luar dan dalamnya, tapi tetap ada sentuhan futuristiknya. Kemudian, fitur yang disematkan juga cukup lengkap untuk mobil listrik sekelasnya.

Baca juga: Mengulas Desain Retro Eksterior Wuling Binguo EV

Bahas soal performa, Binguo EV dibekali dengan baterai berkapasitas 31,9 kWh dengan jarak tempuh 333 km dan 37,9 kWh dengan jarak tempuh 410 km. Tenaganya mencapai 50 kW dengan Single Reduction Gear Transmission.

Desain interior Wuling Binguo EVKompas.com/Donny Desain interior Wuling Binguo EV

Untuk torsinya sedikit berbeda, tipe Long Range (333 km) menghasilkan 150 Nm. Sedangkan tipe Premium Range (410 km) menghasilkan 125 Nm.

Kompas.com turut mengetes kemampuan akselerasi Binguo EV menggunakan Racelogic. Untuk 0-100 kilometer per jam, Binguo EV membutuhkan waktu 15,7 detik.

Baca juga: Ulas Interior Wuling Binguo EV, Kental Nuansa Retro

Hasilnya memang tidak sebaik mobil listrik lainnya yang memiliki torsi instan. Tapi, ini sekaligus membuktikan bahwa Binguo EV memang diproduksi untuk digunakan di perkotaan.

Desain eksterior Wuling Binguo EVKompas.com/Donny Desain eksterior Wuling Binguo EV

Namun, yang menjadi catatan ketika berhenti di tanjakan. Pengemudi harus sedikit menginjak pedal gas agar mobil tidak merosot.

Sementara untuk efisiensi dayanya, sayangnya pada panel instrumen kluster, tidak ditampilkan konsumsi daya secara real time maupun rata-rata. Sehingga, sulit untuk mengetahui seberapa besar efisiensi daya yang dimiliki Binguo EV.

Desain eksterior Wuling Binguo EVKompas.com/Donny Desain eksterior Wuling Binguo EV

Kekurangan lainnya adalah pengisian daya pada Binguo EV hanya bisa dilakukan secara AC dengan memanfaatkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Untuk pengisian cepat menggunakan arus DC, sudah disediakan oleh Wuling, tapi jumlahnya masih sangat terbatas.

Wuling Motors saat ini memasarkan Bingcge AC DC, tersedia juga edisi spesial untuk merayakan ulang tahun Wuling ketujuh. Edisi spesial ini dibuat terbatas sebanyak 1.000 unit, tapi dengan banderol yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau