Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Fronx Jadi Calon Produk CKD Indonesia Terbaru?

Kompas.com - 30/07/2024, 14:25 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Suzuki kabarnya bakal memusatkan produksi pasar ASEAN ke pabrik Indonesia, setelah pabrik Suzuki di Thailand tutup pada 2025 mendatang.

Hal ini diungkap Presiden Direktur PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) Minoru Amano, yang menyatakan bahwa perusahaan bakal menambah produk CKD di Indonesia.

“Karena kami berencana untuk memproduksi model yang tidak hanya untuk Indonesia tapi juga untuk ASEAN. Ketika itu diputuskan untuk produksi dalam negeri, kami juga akan berorientasi buat pasar ekspor,” kata Amano di Tangerang, belum lama ini.

Baca juga: Beda Kasus Rem Blong Truk di Indonesia dan Jepang, Bagai Bumi dan Langit

Mobil yang diduga Suzuki Fronx tertangkap kamera sedang tes jalan di Cikaranginstagram.com/@zakyazzami Mobil yang diduga Suzuki Fronx tertangkap kamera sedang tes jalan di Cikarang

“Kami memang harus (menambah produksi model CKD). Jadi tanggung jawab kami memang jadi lebih besar. Modelnya belum bisa dipastikan, tunggu pengumuman nanti,” ujarnya.

Sejalan dengan rencana tersebut, belum lama ini beredar foto penampakan Suzuki Fronx dengan balutan kamuflase di Indonesia. Apakah mobil ini yang jadi calon model CKD selanjutnya?

Menanggapi hal ini, Harold Donnel, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales mengatakan, pihaknya belum bisa memberikan pernyataan lebih jauh terkait Fronx.

Baca juga: Demi Keselamatan, PO Bus Ini Siapkan 2 Sopir Sekali Perjalanan

“Kami belum bisa berkomentar lebih banyak, apa yang sudah diproduksi secara global, itu milik pasar mereka (India dan Jepang), bukan berarti ke Indonesia. Nanti kalau kami sudah punya kisi-kisi yang lebih clear akan diumumkan,” ujar Harold di Tangerang (27/7/2024).

Menurut Harold, dalam menentukan model yang akan diproduksi secara lokal, pihaknya bakal berhati-hati dan melakukannya berdasarkan riset konsumen.

Seperti diketahui, pabrik Suzuki di Thailand yang berencana tutup lebih fokus pada model city car atau mobil berkapasitas 5 penumpang.

Baca juga: Lexus LM Jadi MPV Terfavorit di GIIAS 2024

Proses perakitan mobil di pabrik Suzuki Indomobil Motor, Cikarangdok Suzuki Indonesia Proses perakitan mobil di pabrik Suzuki Indomobil Motor, Cikarang

Adapun pabrik Suzuki Indonesia lebih banyak menjadi basis produksi model MPV atau mobil 7 penumpang.

“CKD Fronx mungkin-mungkin saja, tapi kita enggak bisa menahbiskan langsung si Fronx, karena proyeksi product planning kami masih sangat beragam,” ucap Harold.

“Terus juga lini produk secara global masih banyak. Jadi kemungkinan ada, tapi apakah itu jadi satu-satunya kemungkinan, kami belum bisa bicara,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau