Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Kaca Film Mobil Mengurangi Visibilitas Malam Hari?

Kompas.com - 30/07/2024, 11:22 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemakaian kaca film pada kendaraan memberikan banyak manfaat, mulai dari mengurangi panas matahari yang masuk ke dalam kabin, melindungi interior kendaraan, hingga meningkatkan kenyamanan berkendara.

Namun, salah satu pertimbangan penting yang sering menjadi perhatian adalah bagaimana kaca film mempengaruhi visibilitas berkendara di malam hari.

Penggunaan kaca film yang tidak tepat bisa mengurangi jarak pandang pengemudi, terutama di kondisi cahaya rendah, yang dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Baca juga: Tabrakan Beruntun di Lajur Kanan Tol Dalam Kota, Ingat Jurus 3 Detik

Monita Cherline, Promotion & Advertising Manager V-Kool Indo Lestari, menegaskan, pentingnya memilih kaca film dengan tingkat kegelapan yang sesuai untuk memastikan visibilitas yang optimal di malam hari.

"Penggunaan kaca film yang terlalu gelap bisa sangat mempengaruhi jarak pandang pengemudi di malam hari. Oleh karena itu, kami selalu menyarankan konsumen untuk memilih kaca film dengan tingkat kegelapan yang aman dan sesuai dengan kebutuhan mereka," ujar Monita kepada Kompas.com, Senin (29/7/2024).

Ilustrasi kaca film mobil.Suzuki Ilustrasi kaca film mobil.

Noni, penjual kaca film Coolplus, menambahkan bahwa kualitas dan teknologi kaca film juga berperan penting dalam menjaga visibilitas malam hari.

"Kaca film berkualitas tinggi biasanya memiliki teknologi yang mampu mengurangi silau tanpa mengurangi terlalu banyak cahaya yang masuk. Ini sangat penting untuk memastikan pengemudi tetap memiliki pandangan yang jelas saat berkendara di malam hari," kata Noni.

Baca juga: [POPULER OTOMOTIF] Polisi Bakal Tindak Mobil yang Pakai Strobo | Setelah Pasang Kaca Film Jangan Pakai Power Window | Kriteria Kaca Film Mobil yang Bagus

Memilih kaca film yang tepat dan berkualitas tidak hanya meningkatkan kenyamanan berkendara di siang hari, tetapi juga menambah rasa aman dan visibilitas yang baik saat berkendara di malam hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau