Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengalaman Naik Cititrans Super Executive Busline Kartasura-Jakarta

Kompas.com - 22/07/2024, 15:21 WIB
Selma Aulia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - PO Cititrans merupakan salah satu bus antarkota antarprovinsi (AKAP) di Indonesia, yang telah beroperasi sejak 2005.

Beberapa hari lalu tim Kompas.com mendapat kesempatan melakukan perjalanan dari Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah menuju Jakarta, Selasa (16/7/2024), dengan jadwal keberangkatan pukul 08.30 WIB.

Bus Cititrans menggunakan Jetbus 5 Super High Deck buatan Adiputro dengan sasi Hino RM 280, bus dari Blue Bird Group ini memiliki ruang interior luas, tinggi, fitur melimpah, dan sistem keamanan canggih.

Saat memulai perjalanan, penumpang sudah mendapat snack yang cukup lengkap tersedia di masing-masing kursi, mulai dari wafer, roti, hingga air minum kemasan.

Baca juga: Tantangan Pengembangan SPKLU di Indonesia

Bus Cititrans Super ExecutiveKOMPAS.com/ Selma Aulia Bus Cititrans Super Executive

Bus yang dicoba kali ini, kelas Super Executive Busline, posisi duduk kursi nomor 2, dengan konfigurasi 2-2. Model kursi dengan legrest terpisah, sehingga kaki bisa ditaruh dengan nyaman, apalagi punya ruang kaki lebih lega.

Posisi duduk terasa nyaman karena ergonomi bisa diciptakan lewat mengatur kemiringan sandaran, plus ada bantal dan selimut.

Setelah memulai keberangkatan, pramugari yang bertugas keliling memastikan menu makanan pilihan penumpang dan menawarkan jaringan wifi untuk disambungkan.

Lewat beberapa jam perjalanan dari Kartasura, Bus Cititrans kemudian berhenti di Krapyak, Semarang, untuk mengambil penumpang dan ganti sopir.

Bus kembali melakukan perjalanan untuk menuju rumah makan IHC Ibu Haji Cijantung di rest area 360b

Baca juga: Cara Mitsubishi Tingkatkan Pelayanan ke Konsumen

Bus CititransKOMPAS.com/ Selma Aulia Bus Cititrans

Selama perjalanan, penumpang bisa menikmati perjalanan dengan baik sambil melihat pemandangan atau menggunakan fasilitas wifi yang disediakan.

Pada kelas Super Executive sebenarnya disediakan hiburan TV LED dengan ukuran cukup yang letaknya di atas pintu keluar dan masuk penumpang, namun selama perjalanan fasilitas ini tidak digunakan.

Bus ini telah disediakan toilet yang letaknya di tengah-tengah sebagai pemisah kelas Suites dan Super Executive. Samping toilet juga terdapat mini bar yang disediakan berbagai minuman sachet dan mie instan cup gratis.

Pada bagian atas tempat duduk penumpang terdapat ruang penyimpanan barang yang bisa digunakan. Namun, perlu diingat kalau membawa barang berharga sebaiknya ditaruh sekitar kita saja. Bus ini sebenarnya sudah dilengkapi dengan CCTV, kita juga perlu berwaspada.

Sampai di rest area 360b rumah makan IHC Ibu Haji Cijantung, penumpang akan disediakan makanan sesuai pesanan mereka, dan diberikan waktu 30 menit untuk makan.

Baca juga: Bekal Hyptec HT Bertanding di Pasar EV Indonesia, Baterai Anti Bocor

Bus Cititrans Super Executive KOMPAS.com/ Selma Aulia Bus Cititrans Super Executive

Setelah itu, bus akan melanjutkan perjalanan menuju Jakarta dan berhenti di rest area lagi, tapi bus sempat mengisi bahan bakar di SPBU dalam tol.

Kemudian, bus melanjutkan perjalanan menuju Jakarta dam sampai di pool Blue Bird Ciputat pada pukul 16:12.

Berdasarkan pengalaman Kompas.com, keberangkatan bus mulanya pukul 08:30 WIB dari Kartasura berlokasi di parkiran Alfamart Kuwiran, namun sekitar pukul 06:20 WIB diberitahu jadwal keberangkatan dimajukan menjadi pukul 07:30 WIB, karena bus dari Yogyakarta hanya mengangkut satu penumpang.

Untuk harga tiket kelas Super Executive adalah Rp 400.000, namun karena promo maka harga turun menjadi Rp 295.000.

Dengan harga tiket tersebut, penumpang bisa merasakan kenyamanan perjalanan menggunakan Bus Cititrans kelas Super Executive.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau