Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Jualan Hilux Rangga, Toyota Sebar Suku Cadang Murah

Kompas.com - 21/07/2024, 09:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Toyota Astra Motor (TAM) baru saja meluncurkan merek suku cadang baru dengan nama T-OPT di GIIAS, Sabtu (20/7/2024). Toyota jamin kualitasnya sangat baik tapi punya harga yang lebih ekonomis dibandingkan Toyota Genuine Parts.

Hadirnya merek baru tersebut juga ternyata jadi langkah Toyota sebelum meluncurkan Hilux Rangga. Pikap yang digadang jadi andalan Toyota tersebut disiapkan sampai ke suku cadang yang lebih murah tapi berkualitas.

Marketing Director PT TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan, mobil niaga seperti Hilux Rangga sangat sensitif soal suku cadang. Bisa dibilang masuk ke biaya operasional, harus cari yang berkualitas baik tapi harganya kompetitif.

Baca juga: Arti Nama Pikap Toyota Hilux Rangga

Opsi suku cadang asli dari Toyota yang lebih ekonomis, T-OPTKOMPAS.com/FATHAN Opsi suku cadang asli dari Toyota yang lebih ekonomis, T-OPT

"Mobil niaga lebih sensitif lagi karena kilometer tinggi, penggunaan lebih berat. Pasti membutuhkan banyak komponen atau sparepart," kata Anton di GIIAS, Sabtu (20/7/2024).

Jadi bukan cuma menyiapkan seluruh layanan, tapi juga dipikirkan soal suku cadangnya. Nantinya calon pembeli Hilux Rangga tak perlu khawatir cari suku cadang asli Toyota dengan harga yang lebih ekonomis.

"Toyota terlibat langsung mulai dari perencanaan, produk yang dibuat, sampai memilih supplier. Jadi dapat dukungan Toyota, mencari vendor yang baik supaya nanti konsumen bisa mendapatkan kualitas dengan harga yang terjangkau," kata Anton.

Baca juga: Spesifikasi MG VS Hybrid, Punya 3 Mode Berkendara


T-OPT disebar lewat dua saluran, pertama ada toko suku cadang di seluruh Indonesia yang sudah bekerja sama. Saat ini sudah ada sekitar 1.200 toko dan tersebar di seluruh Indonesia. 

"Mulai bulan lalu kita mulai kirim ke beberapa toko sparepart, mudah-mudahan segera tersebar ke seluruh Indonesia," kata Anton. 

Saluran kedua adalah OtoXpert, bengkel yang juga menyediakan suku cadang Toyota. Ada 37 OtoXpert di beberapa kota besar di Indonesia, jadi bisa meng-cover sebagian besar Indonesia.

Toyota Hilux Rangga dengan aplikasi layar LED berjalan di GIIAS 2024KOMPAS.com/ADITYO Toyota Hilux Rangga dengan aplikasi layar LED berjalan di GIIAS 2024

"T-OPT tidak ada di bengkel resmi. Kita mau cover konsumen yang tidak kembali ke bengkel resmi, ingin cari spareparts di luat," kata Anton.

Jadi buat pembeli Hilux Rangga, tak perlu khawatir cari suku cadang pengganti Toyota Genuine Parts di bengkel resmi. Toyota sudah siapkan T-OPT dengan kualitas yang dijamin dengan harga lebih ekonomis.

Saat ini T-OPT sudah menyiapkan suku cadang fast moving seperti oil filter, air filter, cabin air filter, v-belt, brake shoe, brake pad, fuel filter, dan wiper blade.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau