Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hal Wajib Jadi Perhatian Saat Test Drive Mobil Bekas

Kompas.com - 13/07/2024, 11:22 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli mobil bekas bisa menjadi keputusan cerdas untuk memperoleh kendaraan berkualitas tanpa harus menguras kantong. Namun, agar tidak salah pilih, test drive adalah langkah penting yang tidak boleh diabaikan.

Dengan melakukan test drive, calon pembeli bisa merasakan langsung performa mobil dan mengidentifikasi masalah potensial sebelum memutuskan untuk membelinya.

Sodikin, pemilik bengkel Sejahtera di Palmerah, Jakarta Barat, menekankan pentingnya memperhatikan beberapa aspek selama test drive.

Baca juga: Pertamax Green 95 dan Pertamax Turbo, Mana Lebih Ramah Lingkungan?

"Perhatikan suara mesin dan kinerja transmisi saat mengemudi. Suara aneh atau getaran yang tidak biasa bisa menjadi tanda adanya masalah," kata Sodikin kepada Kompas.com, Jumat (12/7/2024).

Selama test drive, penting juga untuk mencoba mobil dalam berbagai kondisi jalan, termasuk jalanan lurus dan berbelok, serta kecepatan rendah dan tinggi.

"Rasakan bagaimana suspensi bekerja dan periksa apakah ada goyangan atau ketidakstabilan," tambah Sodikin.

Saat beli mobil bekas, lakukan test drive untuk merasakan langsung kondisi mobil.Car and driver Saat beli mobil bekas, lakukan test drive untuk merasakan langsung kondisi mobil.

Ia juga menyarankan untuk memeriksa sistem pengereman dengan melakukan beberapa uji pengereman mendadak untuk memastikan respons dan keefektifannya.

Sodikin juga mengingatkan calon pembeli untuk memeriksa kondisi interior mobil selama test drive. Hal itu mencakup seperti AC, sistem audio, dan panel instrumen.

Selain itu, perhatikan juga kenyamanan kursi dan visibilitas dari berbagai sudut pandang.

Melakukan test drive di berbagai kecepatan dan kondisi jalan dapat membantu calon pembeli mendapatkan gambaran lengkap tentang kondisi mobil bekas yang ingin dibeli.

Baca juga: Menunda Penggantian Oli Mesin Motor Matik, Picu Berbagai Masalah

"Jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan. Luangkan waktu yang cukup untuk benar-benar mengenali mobil tersebut," tutup Sodikin.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, calon pembeli dapat memastikan bahwa mobil bekas yang diincar dalam kondisi baik dan sesuai dengan kebutuhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau