Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Tanggapi Isu Mau Tutup Pabrik di Indonesia Menyusul Thailand

Kompas.com - 13/07/2024, 08:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, dikabarkan bahwa Honda akan menutup salah satu pabriknya di Thailand pada akhir 2025. Kabarnya, Honda di Indonesia juga akan mengikuti langkah tersebut.

Dikabarkan bahwa penjualan mobil Honda di Thailand terus mengalami penurunan. Sehingga, salah satu pabriknya tidak lagi memproduksi mobil dan hanya akan membuat komponen untuk mobil.

Baca juga: Tutup Semester I, Dua SUV Honda Catat Hasil Positif

Pada salah satu grup Whatsapp, beredar kabar kalau Honda juga akan menutup salah satu pabriknya di Indonesia. Disebutkan juga dari foto-foto yang beredar bahwa alasan penutupannya sama seperti di Thailand, yakni menurunnya angka penjualan.

Pabrik mobil Honda di ThailandNUMCHAI Pabrik mobil Honda di Thailand

Yusak Billy, Direktur Penjualan dan Pemasaran dan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM), mmemastikan, kalau isu penutupan pabrik Honda di Indonesia tidak benar.

"Isu ini mungkin terkait dengan pemberitaan dari Honda Thailand yang sedang memperkuat struktur perusahaan, salah satunya dengan mengembangkan fungsi produksi dari Pabrik Ayutthaya yang sebelumnya memproduksi mobil sekarang dialihkan menjadi produksi suku cadang Honda," ujar Billy kepada Kompas.com, Jumat (12/7/2024).

Baca juga: Demi Penghematan, Mobil Listrik Honda Pakai Platform Sony

PT Honda Prospect Motor (HPM) merayakan 20 tahun berdirinya pabrik Honda di IndonesiaDok. HPM PT Honda Prospect Motor (HPM) merayakan 20 tahun berdirinya pabrik Honda di Indonesia

"Saat ini Honda Thailand juga masih tetap melakukan produksi mobil di Pabrik Prachinburi. Restrukturisasi produksi di Thailand tersebut tidak berdampak terhadap aktivitas pabrik Honda di Indonesia yang masih beroperasi seperti biasa," kata Billy.

Pabrik Honda mulai dibangun di Karawang pada 2002 dan kemudian diresmikan pada 2003. Kemudian, pabrik kedua di Karawang dibangun dan diresmikan pada 2014. Pada 2017, Honda sudah mencapai 1 juta produksi di Karawang. Kemudian, pada 2019, Honda sudah berhasil melakukan ekspor hingga ke Filipina dan Vietnam dengan Brio.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau